Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Rabu, 06 Juni 2012

Home » » Hal-hal Menarik Selama Berada di Jepang

Hal-hal Menarik Selama Berada di Jepang

Jam Malam

Ini yang bikin saya kaget. Saya mengikuti acara UNESCO di tempat militer, Pulau Etajima, Hiroshima. Pada saat malam, kami berdiskusi untuk membicarakan tugas yang diberikan oleh pihak UNESCO. Jelas mau ga mau Kami pun harus bertemu lawan jenis untuk mendiskusikannya sampai larut, besoknya saya dikasih tau kalo disini ada peraturan jam 9 atau 10 malam (saya lupa tepatnya), cowok dan cewek ga boleh gabung. Jleb. Entah itu karena tempat militer atau di Jepang punya budaya seperti itu.

Es krim

Saya nyobain makan es krim sewaktu musim dingin, dan ternyata enak. Ngeliat mesin penjual es krim. Temen-temen Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina pun ikut nyoba.

Ramah Tamah

Tidak bosan-bosan saya bilang penduduk Jepang itu ramah. Selain di  http://the-ladunni.blogspot.com/  saya teringat kejadian sewaktu saya mencari colokan Jepang. Di Indonesia saya ga beli, mendadak nyari sebelum keberangkatan, tapi ga nemu yaudah gpp. Lagipula saya mikir di Jepang juga pasti ada. Eh, ga taunya orang Jepang susah bener diajak ngomong Bahasa Inggris. Sesampainya saya di hostel, saya berniat mencari colokan, datanglah saya ke Seven Eleven terdekat. Terus tanya make bahasa isyarat. Adaptor, adaptor.. Iye adaptor. Dengan bahasa tubuhnya dan bahasa Jepangnya saya menangkap di toko ini tidak jual. Lantas saya dikasih tau jalan ke toko elektronik, dan saya dianterin sampai jalan masuk toko elektroniknya. Baik banget mas Sevelnya. Di toko elektronik saya bergumam, wah ini mah pasti ada. Dan, apa yang saya temuin? Penjaga tokonya bener-bener ga bisa bahasa Inggris, dan setelah beradu bahasa tubuh, dia cari di internet dan print map rute buat ke toko elektronik yang lebih besar. Baiknya mas-mas penjaga toko, padahal saya ga beli apa-apa. Terus dia pun nelfon tempat hostel saya, apakah disana ada colokan dari Indonesia. Ternyata ada, walhasil saya dipinjemin deh sama penjaga hostel.

Ada pengamen di Shinjuku Station, Tokyo

Saya fikir Jepang bersih dari pengamen. Pengamen disini bukan yang di jalan atau di bis ya. Pengamen disini dia buka lapak gitu di depan Shinjuku Station, dan orang-orang ngasih uang atau beli CDnya yang dijual. Suaranya bagus. Saya sempet rekam juga.


Mahasiswa Hiroshima University Fakultas Hukum

Sewaktu perjalanan naik bis dari Osaka menuju Hiroshima, saya bertemu dengan mahasiswa Fakultas Hukum dari Hiroshima University. Ngomong bahasa Inggris, sekalian saya belajar Bahasa Jepang dari dia. Saya niat banget belajar bahasa Jepang dan bawa kamus Jepang. Saya tanya-tanya tentang Jepang, saya masih ingat, sewaktu saya nanya, ‘orang Jepang pinter-pinter ya’ | ‘ga, itu dulu, sekarang kerjanya pada mabok, yang pinter china (sambil meragain minum bir dengan tangannya)’ | *spontan saya ketawa*. Karena ini orang asik, saya tanya lagi ‘cewe jepang cakep-cakep ya’ | ‘sebagian ada yang cakep, sebagian cakep karena make-up, hati-hati kalo sama yang make-up’ | *ketawa saya liat mimik mukanya*. Saya tanya tentang cita-citanya abis lulus apa, dia bilang, ‘mau kuliah di luar negeri, di Jepang pendidikannya ga bikin mahasiswa kreatif’. Ada juga yang bilang Jepang ga kreatif, dan itu dari orang Jepangnya sendiri. Dari diskusi kecil itu, saya nambah wawasan dan tentunya ketawa-ketiwi selama perjalanan.

Keamanan

Sambil nunggu penerbangan ke Bali, Indonesia. Saya main laptop di dalam Kansai Airport, dan sewaktu saya mau ke WC, saya tinggalin tuh laptop dalam keadaan nyala, troli dan tas-tasnya sekalian ditinggal. Entah punya perasaan apa, saya meyakini aman kalo ditinggal. Dan, ternyata bener aja. Barang-barang semua aman dan berada pada posisinya. Tapi, kalo kamu mau ke Jepang, jangan dicontoh juga, saya lagi luck aja mungkin ga ada maling di bandaranya.

Burung Dara

Di Jepang juga ada burung dara, burung yang jinak. Dulu liat di TV adanya di Eropa, ternyata ada juga di Jepang, tepatnya di Osaka Castle. Ngasih makan make pop corn. Ada yang naik ke tangan, ke paha. How lucky I am bisa ngasih makan burung dara yang banyak dan mereka jinak-jinak. Dan, saya tidak akan lupa merekam kejadian langka ini. Saya rekam selama 7 menit.
Burung Dara di Jepang
Bahasa

Kalo kamu ditanya sama orang Perancis, dan kamu ga tau bahasa perancis sama sekali. Kamu jawab make bahasa tubuh kan? Misal Lambaikan tangan tanda menyerah. Kalo orang Jepang beda, saking mau nolongnya, dia bales bahasa Inggris dengan bahasa Jepang. Seakan-akan saya ngerti. Hampir semua bahkan semua orang Jepang yang saya temui punya kelakuan kaya gini. Ngebales make bahasa Jepang.

Minimnya Petunjuk Bahasa Inggris

Jangan harap nemuin banyak bahasa Inggris seperti di Jakarta. Kota Jakarta masih lumayan petunjuk bahasa Inggrisnya. Jepang minim sekali. Jadi, kalo mau ke Jepang, harus maksimal persiapannya.


Itu saja yang bisa disampaikan, kalo ada kritik atau pertanyaan silahkan tulis dibawah. Nanti kalo saya ingat hal menarik lainnya, saya update.

#update:

Orang Jepang Suka Baca di Kereta atau Bis

Itu yang ada di pikiran saya saat denger Jepang, lewat berita-berita entah datang dari mana, yang bilang Jepang rajin baca buku kalo di kendaraan transportasi. Selama saya 2 minggu, dan mungkin saya lagi tidak bertemu dengan timing yang pas. I’m so sorry, saya ga ngeliat kehebohan orang-orang membaca. Yang ada desek-desekan kaya di metromini karena kereta di Tokyo padet banget kalo lagi jam padet. Kalo lagi dapet kereta yang kosong, saya tidak melihat yang baca-baca seperti yang diceritain. Imajinasi saya melihat sejejeran orang Jepang duduk lagi baca koran atau buku di kereta dengan muka intelek. Padahal modelnya kalo ga tidur, ngobrol, main gadget, dengerin musik make headset atau merenung. Tidak beda-beda jauh sama Indonesia, yang baca memang ada juga, tapi tidak se-wah itu. Sekali lagi, ini pengalaman saya lho.


Note : Semua tulisan ini hanya fakta yang saya dapat, jangan digeneral umum ke Negara Jepang. Pemakaian kata Jepang bertujuan mempermudah penyampaian. Dan tidak ada maksud untuk melebih-lebihkan atau menjatuhkan negara Jepang. Semua objektif yang saya lihat dan rasakan, dan bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca.

http://www.furqanalfath.com/hal-hal-menarik-selama-berada-.di-jepang/

1 komentar:

  1. Follow back gan..! http://www.ilhamibnupurnomo.co.cc/
    SALAM BLOGGER

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.