Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Jumat, 04 Mei 2012

Home » » Memahami Kepemimpinan: Hakekat kepemimpinan terletak pada kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain

Memahami Kepemimpinan: Hakekat kepemimpinan terletak pada kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain

Kepemimpinan didefinisikan, sebagai suatu cara penguasaan jenis pengaruh bukan paksaan ( councoursive) untuk memotivasi orang dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu, demikian menurut ….Gibson, Ivansevics dan Donelly.
Sedangkan menurut Hersey dan Blanchard Kepemimpinan  adalah, Proses mempengaruhi aktivitas seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu…
Dari dua definisi diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hakekat kepemimpinan  terletak pada kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain atau kelompok tertentu, dan dari definisi kepemimpinan diatas kita pun dapat menyimpulkan  bahwa tidak setiap kepala atau ketuaadalah pemimpin. Karena setiap kepala atau ketua pada suatu organisasi atau lembaga tidak dengan sendirinya menjadi orang yang paling berpengaruh dalam organisasi atau lembaga tersebut, meskipun idealnya seorang kepala atau ketua, hendaknya menjadi pemimpin  bagi organisasi dimana ia menjadi  ketua atau kepala tersebut. Atau tegasnya  sudah seharusnya  bagi ketua atau kepala untuk menjadi seorang yang paling berpengaruh  dalam organisasi tersebut.
Jika seseorang berhasil dalam kepemimpinannya orang tersebut berhasil dalam memberi pengaruh dan  warna dalam organisasi yang ia pimpin, dan berhasil  mempengaruhi dan mengendalikan bawahannya untuk  melakukan aktivitas dalam suatu tujuan.
Beberapa faktor dalam diri pemimpin yang dapat menimbulkan pengaruh terhadap orang lain  atau kelompok  yang menjadi bawahannya :
  • Kekuasaan
  • Kharisma
  • Pengetahuan dan Kecerdasan
  • Keterampilan
  • Kekayaan atau Materi
  • Ketampanan Atau kecantikan
  • Nilai-nilai Kesetiaan
Semakin seorang pengikut atau bawahan terpengaruh untuk melakukan aktivitas dalam mencapai tujuan tanpa adanya paksaan maka seorang pemimpin makin berhasil dalam kepemimpinannya.
Pentingnya Kepemimpinan
Nol Persen
Sebuah lembaga atau organisasi/perusahaan adalah kumpulan dari orang-orang. Berkumpulnya orang-orang tersebut akan memiliki arti manakala dalam kelompok tersebut terjadi kerja sama dalam melakukan aktivitas  Kumpulan orang-orang tanpa  aktivitas  dan kerja sama maka orang-orang yang ada dalam kelompok  organisasi tersebut tidak bermakna apa-apa kecuali hanya sekedar kumpulan, sehingga aktivitas dan kerja sama  sangat menentukan terhadap keberadaan kelompok  dalam organisasi tersebut.
Untuk terjadinya aktivitas atau kerja sama, maka orang yang terdapat dalam organisasi itu harus digerakan untuk melakukan suatu tindakan bersama. Untuk menjadi tindakan bersama  yang akhirnya menjadi aktivitas dan kerjasama  maka dibutuhkan upaya untuk menggerakan orang-orang tersebut, disinilah peran seorang pemimpin diperlukan.
Jadi kepemimpinan memiliki arti penting dalam organisasi atau kelompok, karena kepemimpinanlah yang menjadikan aktivitas dan kerjasama dalam kelompok atau organisasi. Kepemimpinanlah yang memberikan  pengaruh untuk melakukan aktivitas dalam perusahaan. Kepemimpinanlah yang menyuntikkan gerak dan dinamika dalam organisasi.
Adapun beberapa fungsi kepemimpinan adalah :
  • Menyampaikan Informasi
  • Memberikan Perintah
  • Mendelegasikan Wewenang
  • Memberikan Motivasi
  • Menerima Umpan Balik
  • Mengkoordinasikan Manusia dan pekerjaan
  • Melakukan Pengendalian.
Karena begitu pentingnya kepemimpinan dalam satu perusahaan atau organisasi, maka figur seorang pemimpin sangat menentukan dalam suatu Perusahaan atau organisasi, karena dialah yang memberikan pengaruh terhadap bawahannya, maka sangat besar kemungkinan organisasi tersebut dalam mengalamai kegagalan dan ketidak berhasilan  dalam melaksanakan aktivitas untuk mencapai tujuan.
http://nolpersen.com/2012/05/04/kepemimpinan-.leadership/

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.