Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Kamis, 01 Maret 2012

Home » , , » Peninggalan Sejarah Islam Paling Fenomenal

Peninggalan Sejarah Islam Paling Fenomenal

Peninggalan Sejarah Islam yang Paling Fenomenal-Kegemilangan Islam dalam memimpin peradaban dunia dapat terlihat jelas dari warisan bangunan bersejarahnya.  Peninggalan sejarah Islam memang tersebar di seluruh penjuru bumi. Di setiap negeri Islam selalu ada bangunan khas bercorak Islami yang menandakan tegaknya Islam di tempat tersebut. Beberapa peninggalan sejarah Islam yang fenomenal adalah:


1.    Taj Mahal

Bangunan megah ini adalah sebuah pemakaman (musoleum) yang dibangun oleh Shah Jahan dari dinasti Mughal saat  berkuasa di India. Shah Jahan membangun Taj Mahal untuk mengenang isteri yang dicintainya, yakni Arjumand Bano Begum atau yang lebih dikenal sebagai Mumtaz Mahal. Isterinya meninggal saat melahirkan anak mereka yang ke-14.
Bangunan fenomenal yang sangat megah dan indah ini memerlukan waktu hampir 20 tahun untuk menyelesaikannya (1632-1648). Pembangunan ini melibatkan tak kurang dari 2000 pekerja dengan bantuan 1000 ekor gajah untuk mengangkut bahan material bangunan.


Kota Agra, tempat berdirinya Taj Mahal adalah kota kecil di Negara Bagian Uttar Pradesh yang berjarak sekitar 200 km di selatan New Delhi, India. Sekarang, kota Agra telah menjadi kota tujuan wisata turis mancanegara.

Selain makam Mumtaz Mahal dan Shah Jahan, kompleks Taj Mahal juga memiliki bagian utama lainnya, yaitu gerbang utama, taman, masjid, dan rumah peristirahatan. Namun ruang utama dari bangunan ini adalah makam Mumtaz Mahal dan suaminya yang terletak tepat di bawah kubah Mausoleum. Keunikan bangunan ini adalah bila dilihat dari sisi mana pun akan terlihat sama, karena memang Taj Mahal adalah bangunan yang simetri. 

Taj Mahal bukan hanya sekadar tempat pemakaman dan bukan hanya sekadar peninggalan sejarah keagungan Islam. Taj Mahal telah menjadi sumber inspirasi karena dianggap sebagai perlambang cinta nan abadi.


2.    Masjid Al Aqsa

Para ahli meyakini bahwa Umar bin Khattab, salah seorang Khulafaur Rasyidin adalah orang pertama yang memerintahkan pembangunan Masjid Al-Aqsa. Oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan, bangunan ibadah sederhana itu dibangun kembali dan diperluas pada tahun 66 H dan selesai tahun 73 H (690 M) di Kota Lama Yerusalem atau Yerusalem Timur sekarang.


Masjid yang dikenal dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau "Bukit Bait Suci” ini termasuk bangunan bersejarah yang disucikan. Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam dan tempat tujuan Nabi Muhammad dalam perjalanan malamnya (Isra Mi’raj) di tahun 621 M.

Di masjid inilah beliau melakukan salat dua rakaat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Sidratul Muntaha. Selain itu, Masjid Al Aqsa adalah rumah ibadah kedua yang dibangun setelah Masjid Al-Haram. Tak mengherankan bila umat Islam sangat menghormati dan mensucikan masjid yang luas totalnya sekitar 144.000 meter persegi ini.

Di sekitar komplek Masjid Al Aqsa ini terdapat bangunan suci umat Yahudi yaitu “Kuil Sulaiman”. Sisa-sisa Kuil Sulaiman ini berupa tembok sepanjang 485 meter. 

Sedangkan bagi umat Kristiani meyakini bahwa di tanah Masjidil Aqsha itulah jenazah Yesus dibaringkan seusai disalib di Bukit Zaitun. Mereka pun percaya bahwa di Yerussalem serta sejumlah kota lainnya seperti Nazareth, Betlehem, dan Bukit Zaitun inilah Yesus menjalani kehidupannya selama di bumi.


Sumber:
http://www.anneahira.com/peninggalan-sejarah-islam.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.