Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Sabtu, 03 Maret 2012

Home » , » Penemu dan Sejarah Komputer

Penemu dan Sejarah Komputer

Penemu dan Sejarah Komputer-Di era digital sekarang ini, semua orang pasti pernah memanfaatkan jasa komputer. Mesin yang pada awalnya diciptakan untuk membantu proses penghitungan ini, kini menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Namun, meski sudah sering menggunakannya, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai sejarah dan Sejarah dan Penemu Komputer pertama kali di dunia.

Banyak yang menganggap bahwa penemu komputer memiliki peran besar dalam perubahan yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini. Manusia menjadi mampu mengerjakan beberapa aktivitas yang pada beberapa tahun silam dianggap sebagai hal yang mustahil. Namun, dengan bantuan komputer semua hal yang sempat terlihat sulit tersebut menjadi bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Bagi mereka yang menganggap bahwa komputer merupakan penemuan terhebat pada abad 21 ini. Pandangan tersebut boleh dikatakan salah. Sebab, pada dasarnya penemu komputer pertama kali sudah muncul sejak tahun 1600an. Meskipun komputer pada zaman tersebut belum secanggih dan selangka sebagaimana komputer yang kita temui pada saat ini. Namun harus diakui, bahwa konsep dasar komputer yang kita jalankan sekarang ini mengdopsi sistem yang diterapkan pada mesin hitung yang digunakan pada tahun 1600an tersebut.

Sejarah Komputer
Sejarah tentang komputer berawal pada tahun 1671. Pada tahun tersebut, seorang Prancis bernama Gottfired Wilhelm Von Leibniz yang merupakan seorang filosof sekaligus ahli Matematika merancang mesin hitung. Mesin ini mampu menjumlah, mengurangi, mengalikan serta menghitung pembagian. Mesin ini menggunakan sistem binary. Sistem ini adalah sebuah sistem penjumlahan dua digit. Di era sekarang, sistem ini yang menjadi dasar pengoperasionalan komputer.

Selain Libniz, ada seorang Prancis lain yang memiliki peran dalam meletakkan dasar sistem operasional komputer. Orang tersebut bernama Jacquard. Jacquard menggunakan sistem yang menyerupai komputer untuk digunakan dalam proses pengawasan alat tenun. Sistem inilah yang kemudian mempengaruhi penemuan komputer dan juga pembuatan sistem kolom data pada Biro Sensus Amerika yang ditemukan oleh Herman Hollerith pada akhir abad 19.

Meski demikian, sejarah mencatat bahwa penemu komputer pertama di dunia adalah seorang yang berasal dari Inggris, Charles Babbage. Babbage melakukan penyelesaian pada prinsip pemakaian umum komputer digital yang didasari dari penemuan sebelumnya oleh Libnizz dan Jacquard.

Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang memanfaatkan tabel matematika yang kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kesalahan perhitungan. Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables". Catatan ini dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 yang berisi tentang semua konsep yang ada dalam benaknya.

Sayangnya, teknologi yang ada pada abad 19 belum mampu mendukung gagasan yang ada di benak Babbage. Akhirnya, hingga meninggal pada usia 79 tahun tanggal 18 Oktober 1871, gagasan Babbage belum mampu terwujudkan. Dan gagasan itu pun terkubur bersama dengan jasad Babbage. Beruntunglah, Babbage sempat meninggalkan warisan berupa catatan tentang gagasannya yang pada akhirnya mampu menciptakan sebuah penemuan yang mengubah peradaban dunia.

Sejarah Komputer Modern
 Tahun 1937 merupakan titik tonggak sejarah peradaban dunia baru. Berawal dari perhatian seorang sarjana Harvard, Howard H. Aiken terhadap warisan catatan Babbage. Aiken pada saat itu, sedang berusaha merampungkan rancangan mesin komputer tergelitik oleh ide yang digagas oleh Babbage.

Pada akhirnya, Aiken menggandeng raksasa komputer Amerika, IBM untuk menciptakan sebuah mesin yang mampu membantu manusia menyelesaikan berbagai aktivitasnya. Pada akhirnya, terciptalah komputer pertama di dunia yang diberi nama Mark I. Mark I inilah yang kemudian menjadi pioner lahirnya teknologi komputer dunia.

Sebagai penghormatan atas ide awal Babbage, dunia kemudian mengembangkan mesin dengan rancangannya. Hasil dari pengembangan karya Babbage ini, bisa dijumpai di Museum Sains yang beada di London. Pada tahun 1991, rencana asli Babbage ini terbukti bisa digunakan secara sempurna. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa apa yang diimajinasikan oleh Babbage bukan sebuah bualan semata, karena memang bisa diimplementasikan secara nyata.

Pemanfaatan Komputer
 Pada saat ini, nyaris tidak ada bagian dari kehidupan manusia yang terlepas dari komputer. Dengan menggunakan komputer, manusia mampu melakukan berbagai aktivitas termasuk yang dianggap mustahil.

Salah satu penemuan besar manusia abad ini yang menggunakan pemanfaatan komputer adalah internet. Sistem ini berbasis pada pengembangan layanan data yang tersimpan pada sebuah sistem untuk bisa diakses oleh pihak lain.

Pada awalnya, penemuan internet ini berawal dari proses untuk menghubungkan masing-masing perangkat komputer. Dengan demikian, perangkat komputer yang ada bisa saling berbagi data dan menunjang kinerja dengan saling melengkapi kekurangan yang ada. Sistem ini yang kemudian dikenal dengan sistem intranet yang berbasis pada konsep Local Area Network.

Konsep ini diperluas dengan memanfaatkan teknologi komunikasi informasi. Sehingga pada saat ini kita bisa menikmati hubungan antara semua komputer yang ada di seluruh dunia yang terhubung dengan jejaring internet tersebut.

Keberadaan internet ini cukup membantu manusia dalam menjalin kerjasama dan komunikasi. Sebab, internet menciptakan sebuah sistem tanpa batas dan menghilangkan jarak yang ada pada kehidupan nyata.

Manusia bisa saling berkomunikasi pada waktu bersamaan pada jarak yang saling berjauhan. Demikian pula dengan internet kita bisa saling berbagi dokumen tanpa harus menunggu waktu terlalu lama sebagaimana dengan menggunakan layanan konvensional seperti jasa pos. Dan semua ini bisa dimungkinkan dengan berkat adanya penemuan komputer yang merupakan perintis sistem teknologi digital. 



Sumber:
http://www.anneahira.com/penemu-komputer-18663.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.