Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Minggu, 04 Maret 2012

Home » , » Monalisa dan Leonardo da Vinci

Monalisa dan Leonardo da Vinci

Monalisa dan Leonardo da Vinci-Jika mendengar nama La Gioconda atau La Jaconde, bisa jadi Anda mungkin tidak akan mengenalinya sama sekali. Tapi, hal itu akan berbeda ketika Anda mendengar nama Monalisa. Ya, La Gioconda adalah nama lain dari Monalisa. Monalisa adalah nama sebuah lukisan wanita cantik yang dilukis di atas kanvas menggunakan cat minyak.

Leonardo da Vinci
Pelukis yang mencitrakan kecantikan seorang wanita pada sebuah kanvas tersebut adalah Leonardo da Vinci. Berbicara mengenai Monalisa pasti tidak akan pernah lepas dari Leonardo da Vinci. Pelukis asal negara Italia tersebut sepertinya merupakan pelukis yang paling terkenal sepanjang sejarah. Sejalan dengan karya lukisannya yang dianggap sebagai salah satu lukisan dari sedikit karya lukis yang paling terkenal.

Lukisan seorang wanita tersebut, konon hingga kini masih menyimpan rahasia besar. Lukisan yang dilukis pada sekitar abad ke-16 ini menjadi pusat studi, motologi, dan parodi oleh sebagian para seniman.

Kemisteriusan lukisan wanita cantik tersebut terlihat pada ekspresi wajah wanita yang dilukiskan oleh Leonardo da Vinci. Lukisan Monalisa digambarkan dengan ekspresi tak jelas, penuh teka-teki, dan misterius.
Keberadaan wanita cantik dalam lukisan itu juga menghadirkan keistimewaan tersendiri bagi lukisan asal luar negeri tersebut. Sosok wanita dalam lukisan tersebut menimbulkan banyak spekulasi. Hingga akhirnya sebuah biografi tentang Leonardo da Vinci yang ditulis oleh Giorgio Vasari menceritakan identitas asli dari wanita yang ada di lukisan karya Leonardo da Vinci tersebut.

Dalam biografi tersebut dijelaskan bahwa wanita cantik dalam lukisan itu adalah istri dari seorang kaya raya. Lelaki kaya raya tersebut bernama Francesco del Giocondo. Kecantikan istri dari pengusaha sutra tersebut meninspirasi da Vinci untuk menggoreskan kuasnya di atas kanvas. Perempuan cantik dalam lukisan itu bernama Lisa Gherardini.

Nyonya Lisa yang Riang
Banyak yang menganggap bahwa wanita dalam lukisan itu bernama Monalisa. Berdasarkan cerita, da Vinci memberi nama Monalisa pada lukisannya karena objek dalam lukisannya adalah seorang nyonya.

Nyonya yang dalam bahasa Italia adalah Madonna yang kemudian disingkat menjadi Mona. Sedangkan Lisa adalah nama asli dari wanita yang menjadi objek lukisan da Vinci itu sendiri. Jadi secara harfiah, Monalisa artinya adalah Nyonya Lisa.
Nama lain dari lukisan Monalisa adalah La Gioconda atau La Jaconde dalam bahasa Perancis. Nama itu ternyata mengacu pada nama suami dari wanita cantik tersebut. Gioconda adalah nama wanita dari Giocondo. Dalam bahasa Italia, Giocondo artinya riang. Jika nama Giocondo dilekatkan pada seorang wanita, maka La Gioconda artinya adalah wanita yang riang.

Lukisan yang dibuat dalam waktu setahun tersebut, yaitu antara tahun 1503 hingga 1504 hingga kini masih berada dan menjadi aset wisata sebuah museum terkenal yang berada di Paris. Tepatnya museum Louvre di Paris. Museum tersebut sekaligus menjadi lokasi pembuatan film yang terinsiprasi dari pelukis Leonardo da Vinci tersebut.


Sumber:
http://www.anneahira.com/monalisa..htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.