Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Senin, 05 Maret 2012

Home » » Mitos VS Fakta yang Logis

Mitos VS Fakta yang Logis

mitos unik vs fakta

Banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat seputar kesehatan atau kehidupan kita. Kurangnya pemahaman yang benar dapat menyebabkan informasi yang salah. Untuk itu, penting meluruskan mitos-mitos yang telah lama beredar di masyarakat agar dapat dihindari dengan lebih cermat dan tepat. Di sini saya mencoba membuat daftar 10 mitos yang biasa beredar di kalangan masyarakat, yaitu:
  1. Tidak akan bisa hamil jika berhubungan seks saat menstruasi

  2. Banyak wanita mengganggap bahwa melakukan hubungan seksual tanpa pengaman pada saat menstruasi atau saat awal maupun akhir menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Faktanya masih banyak wanita yang bisa saja hamil pada saat terjadinya menstruasi. Mengapa demikian? Ini karena sperma bisa hidup hingga 5 hari di tubuh seorang wanita dan bila periode menstruasi terlalu pendek (kurang dari 28 hari), jatuhnya masa subur bisa pada saat-saat masa menstruasi kita.
  3. Kebiasaan membasahi atau menjilati bibir membuat bibir senantiasa lembab
  4. Kamu sering membasahi bibir dengan lidah agar bibir selalu lembab? Biasanya kita melakukan ini kalau kita sedang kehausan atau dalam ruangan berAC yang begitu dingin.
    Faktanyaair liur yang mengandung kelenjar dan enzim tertentu justru dapat mengiritasi kulit terluar bibir yang tipis. Akibatnya, bibir justru akan bertambah kering. Jadi cara terbaik untuk menjaga bibir tetap lembab adalah dengan minum air putih yang banyak.
    [tabloidnova.com]

  5. Mandi malam menyebabkan rematik
  6. Rematik
    Rematik
    Kita terkadang sering dimarahi orang tua karena kita mandi malam. Alasannya adalah kita bisa rematik jika sering mandi malam. Benarkah seperti itu?Faktanya, secara patologis, tidak ada kaitan antara mitos ini dan penyakit rematik. Namun, air atau udara dingin akan menyebabkan kapsul sendi mengerut. Hal ini tentu bisa menambah rasa nyeri pada persendian pasien rematik. Sebaiknya penderita rematik memang mandi air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada persendiannya.
    [kompas.com]

  7. Rematik hanyalah penyakit untuk orang tua
  8. Beberapa orang menyanggah mitos bahwa mandi malam menyebabkan rematik dengan alasan rematik hanyalah penyakit untuk orang tua.
    Faktanya, penyakit rematik bisa menyerang semua orang, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Biasanya rematik memang menyerang orang dengan usia di atas 45 tahun. Namun, orang yang lebih muda juga bisa kena, bahkan ditemukan kasus bayi yang terkena rematik. Penyakit rematik pada anak dikenal dengan sebutan juvenile rheumatoid arthirtis.

  9. Onani membuat lutut keropos
  10. Onani
    Onani
    Dari dulu, orang-orang selalu beranggapan bahwa onani bisa buat lutut keropos, timbul bulu di tangan, rusaknya kualitas sperma, ejakulasi dini, dsb. Pada dasarnya, onani itu hampir sama dengan berhubungan badan. Salah satu yang membedakannya adalah onani dilakukan tanpa pemanasan. Ini yang ga betul… Motor aja perlu dipanasin dulu biar awet, masa barang sendiri yang paling berharga engga..
    Dengan kondisi badan yg ga fit dan hormon dikeluarkan secara paksa, yg terjadi adalah badan langsung lemas. Capek, lemas, tapi sering onani disertai konsumsi gizi yg tidak cukup, ini yang sebenernya secara tidak langsung bisa mengakibatkan efek di atas, penurunan daya ingat dan konsentrasi.
    Klo dari sisi kedokteran, saya baca dari situs perdi, klo onani itu ga akan mengurangi kualitas sperma, merusak tulang terutama lutut, atau menumbuhkan bulu-bulu halus ditangan. Katanya sih itu cuma mitos.
    [blog.arieflatu.net]

  11. Melihat payudara wanita menyehatkan untuk pria
  12. Melirik
    Melirik
    Ini adalah salah satu kepercayaan yang sering melekat di otak pria. Hal ini biasanya dipercaya dari zaman kakek hingga ke cucu-cucunya kelak. Dan hingga sekarang masih banyak pria yang percaya bahwa rahasia hidup panjang dan sehat adalah melirik ke belahan dada wanita secara teratur.
    Tahun lalu, ada pula peneliti yang mengklaim bahwa melihat payudara wanita hampir sama sehatnya dengan melakukan latihan fisik secara teratur yang dapat memperpanjang umur pria.Sayangnya, itu semua hanyalah mitos dan belum terbukti kebenarannya, tidak ada studi dan tidak ada indikasi apa pun yang membuktikan bahwa melihat payudara wanita bisa memberi manfaat kesehatan untuk pria. Menurut beberapa ahli, mitos ini masih dipercaya hanya untuk pembenaran kaum pria.
    [detik.com]

  13. Bercukur secara teratur bisa menyebabkan jenggot tumbuh kasar dan lebih gelap
  14. Bercukur
    Bercukur
    Banyak pria yang percaya bahwa dengan sering mencukur jenggot dapat membuatnya tumbuh lebih tebal dan gelap. Faktanya, frekuensi bercukur tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut. Rambut akan tumbuh kembali dengan kecepatan, ketebalan dan kepadatan yang sama dan tidak berhubungan dengan berapa kali pria bercukur. Selain itu, pertumbuhan rambut dan jenggot pun juga dipengaruhi oleh faktor genetik.
    [detik.com]

  15. Pria memikirkan seks setiap tujuh detik
  16. Menurut hasil survei yang dilakukan Kinsey Institute, 54 persen pria minimal berfantasi tentang seks sekali dalam sehari, 43 persen beberapa kali dalam seminggu atau sebulan dan 4 persen hanya sekali sebulan atau bahkan kurang. Jadi mitos tentang pria memikirkan seks setiap tujuh detik tampaknya terlalu berlebihan.
    [detik.com]

  17. Donor darah membuat gemuk
  18. Donor Darah
    Donor Darah
    Tak sedikit orang yang mengurungkan niat untuk mendonorkan darahnya karena mitos yang mengatakan setelah donor darah tubuh akan menjadi gemuk.
    Faktanya, secara teori, kegemukan terjadi karena jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari yang dikeluarkan. Jadi, tidak ada kaitannya dengan donor darah. Yang mungkin menyebabkan kegemukan adalah kita makan terlalu banyak setelah donor darah. Setelah mendonorkan darah memang biasa disediakan semangkuk bubur kacang hijau, mi atau telur rebus, dan segelas susu.
    [kompas.com]

  19. mahasiswa ITB yang berkunjung ke kebon binatang ketika TPB, DO
  20. Sebenarnya saya agak kaget juga ketika mendengar mitos ini dari teman-teman. Mereka bilang kalau mau ke kebon binatang Bandung sebaiknya setelah kita sudah lulus Tahap Persiapan Bersama, atau yang lebih dikenal dengan singkatan TPB. Jika kita melanggar mitos ini, bisa DO!
    Geli juga sih dengernya karena saya sendiri sudah berkali-kali ke kebon binatang Bandung, mulai dari SD, SMA, TPB, sampai taun ke-4, dan alhamdulillah saya lulus lewat Sabuga :D
    [rileks.comlabs.itb.ac.id] http://blog.arieflatu.net/2010/11/10-mitos-unik-vs-fakta.html/

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.