Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Rabu, 07 Maret 2012

Home » , , , » Masih Kurangnya Minat Baca Masyarakat

Masih Kurangnya Minat Baca Masyarakat

Masih Kurangnya Minat Baca Masyarakat-Walau sudah begitu banyak buku yang diterbitkan di Indonesia, minat baca masyarakat masih cukup kurang. Padahal siapapun juga tahu bahwa membaca akan menambah pengetahuan dan wawasan.

Kurangnya minat baca masyarakat ini bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari. Banyak orang yang lebih memilih menghabiskan uang demi hal lain daripada membeli buku. Orang juga kadang lebih suka pergi ke tempat hiburan daripada pergi ke toko buku. Mereka hanya pergi ke toko buku atau perpustakaan bila memang diperlukan saja.

Penyebab Kurangnya Minat Baca Masyarakat
Ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan minat baca masyarakat masih kurang. Berikut ini beberapa contohnya.
  • Kurangnya kesadaran masyarakat bahwa kegiatan membaca adalah hal yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.
  • Tidak dibiasakan membaca sejak kecil, sehingga sampai dewasa pun orang akan enggan untuk membaca.
  • Kurangnya fasilitas. Fasilitas yang dimaksud misalnya, toko buku yang tidak lengkap, perpustakaan daerah yang kurang memadai, dan lain-lain.
  • Kesibukan kerja juga bisa mempengaruhi minat baca masyarakat, karena mereka tidak punya cukup banyak waktu untuk membaca.
  • Tingkat ekonomi yang rendah. Bagi kalangan ini, buku bukanlah hal pokok yang harus dibeli, sehingga uang pun lebih digunakan untuk hal lain.
 Tips Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Dengan mengetahui berbagai penyebab di atas, kita bisa mengambil solusi untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat. Berikut ini beberapa contohnya.
  • Budayakan membaca dalam lingkungan keluarga, sebaiknya dibiasakan sejak anak masih kecil. Hal ini diharapkan saat si anak sudah dewasa, ia akan terus haus untuk membaca. Tanamkan pada si anak, bahwa membaca bisa menambah wawasan dan pengetahuan.
  • Di sekolah yang merupakan lingkungan sosial kedua, juga harus dibudayakan membaca. Ini menjadi tugas para guru di sekolah untuk sering-sering menganjurkan membaca, memberi tugas yang berhubungan dengan bacaan, maupun mengajak ke perpustakaan.
  • Lengkapi fasilitas perpustakaan maupun toko buku, ini adalah tugas pemerintah maupun pihak-pihak yang terkait dengan tempat tersebut. Perpustakaan yang nyaman, kelengkapan toko buku, dan pelayanan yang baik tentu akan membuat minat baca masyarakat menjadi semakin meningkat.
  • Anda tak suka membaca buku ilmiah? Atau tidak suka membaca buku dengan ratusan halaman? Ini bukanlah alasan untuk tidak membaca. Bacalah bacaan ringan, bisa cerita pendek, koran atau majalah. Apapun medianya, tetaplah membaca.
Hal yang mempengaruhi minat baca masyarakat juga terletak pada penerbit buku. Bagi para penerbit buku, hendaknya mencetak buku-buku yang berkualitas. Kualitas buku bukan hanya soal isi buku, tapi juga kualitas kertas, desain sampul yang menarik, dan lain-lain. Hal-hal tersebut cukup mempengaruhi minat baca masyarakat.



Sumber:
http://www.anneahira.com/minat-baca-masyarakat.,htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.