Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Kamis, 01 Maret 2012

Home » » Keutamaan Ilmu Daripada Harta

Keutamaan Ilmu Daripada Harta

Keutamaan Ilmu Daripada Harta-Harta dan ilmu, 2 hal yang sangat dekat dengan manusia. Manusia tentu tidak akan bisahidup tanpa harta. Karena hanya dengan harta, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Harta akan mencukupi semua kebutuhan jasmani manusia. Namun, manusia juga tidak bisa lepas dari ilmu. Karena hanya dengan ilmu, manusia dapat memenuhi kebutuhan rohaninya. Sehingga manusia akan dapat berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

Persoalannya adalah, mana yang akan anda pilih jika dihadapkan pada 2 pilihan diatas. Apakah harta ataukah ilmu yang akan anda pilih? Nah, tidak ada salahnya kita
belajar dari perkataan Ali Bin Abi Thalib ketika beliau ditanya dengan pertanyaan yang sama. Ternyata beliau lebih memilih ilmu ketimbang harta. Menurut beliau, Ilmu memiliki banyak keutamaan ketimbang harta. Apa sajakah keutamaan ilmu dibanding harta menurut beliau ? ini dia 3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta ..

1.Harta Akan Berkurang Jika Diberikan Sedangkan Ilmu Justru Bertambah
Ketika anda memiliki uang sebesar 10.000 misalnya, lalu anda berikan uang itu kepada teman anda sebesar 5.000, akankah uang itu bertambah ? tentu tidak bukan. Semua harta, apabila diberikan kepada orang lain pasti jumlahnya akan berkurang.

Berbeda dengan ilmu, ilmu tidak akan pernah berkurang. Sekalipun anda memberikannya kepada orang lain. Guru misalnya, setiap hari mereka mengajarkan ilmu yang mereka miliki kepada murid-muridnya. Apakah dengar mengajar, lantas semua ilmu yang dimiliki sang guru akan hilang ? tidak bukan. Justru ilmu yang dimiliki guru tersebut akan semakin menancap di otak.

2. Harta Perlu Dijaga, Sedangkan Ilmu Justru Menjaga
Semakin banyak harta yang dimiliki seseorang, maka akan semakin sibuk pula orang tersebut berusaha untuk menjaganya dari incaran orang-orang yang ingin merampas harta tersebut. Entah itu pencuri di tengah malam ataupun perampok yang bisa datang sewaktu-waktu. Dengan harta yang semakin banyak, bukannya semakin membuat hati tenang dan tentram, justru sebaliknya, hati akan dibuat semakin cemas, resah dan takut kehilangan harta tersebut.

Berbeda dengan ilmu, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, maka akan semakin terjaga pula orang tersebut dari hal-hal yang bisa membahayakan dirinya. Misalkan saja seseorang yang memiliki ilmu beladiri, Ia akan lebih terjaga dari serangan perampok yang masuk ke rumahnya untuk mengambil harta bendanya. Bahkan mungkin dengan ilmu bela dirinya tersebut, Ia dapat menangkap dan menghajar perampok tersebut. Nah, kesempatan tersebut tentu berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu bela diri. Sangat mungkin orang tanpa ilmu ini hanya berdiam diri saja tanpa perlawanan. Dan mungkin saja mereka akan dibunuh oleh perampok tersebut agar si perampok lebih mudah mengambil harta bendanya.

3.Harta Bisa Dicuri, Sedangkan Ilmu Tidak
Banyak sekali dijumpai, entah itu di televisi, di surat kabar atau bahkan di lingkungan sekitar, orang-orang yang menangisi hartanya yang hilang dirampas perampok atau diambil pencuri. Memang, harta itu bisa lenyap kapan saja. Entah lenyap karena bencana alam, lenyap karena kebakaran atau lenyap karena hal-hal lainnya.

Namun berbeda dengan ilmu, sangat jarang ditemui, bahkan mungkin tidak pernah, seseorang yang berteriak-teriak histeris karena merasa kehilangan ilmu atau seseorang yang bersedih hati karena merasa ilmunya telah dirampas secara paksa oleh orang lain.

Nah itulah 3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta menurut Ali Bin Abi Thalib. Sebenarnya ada 10 keutamaan yang beliau sampaikan. Namun, saya hanya menuliskan beberapa keutamaan yang saya anggap universal, sehingga bisa diterima oleh semua kalangan. So,manakah yang akan anda pilih ? harta ataukah ilmu ?


Sumber:
vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.