Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Senin, 12 Maret 2012

Home » , , , , , » Fenomena Kidal

Fenomena Kidal

Apakah anda termasuk orang yang kidal? Atau pernah melihat orang kidal? Bagi orang normal, melihat orang kidal dalam melakukan aktivitas seperti dalam keadaan tersiksa. Menulis misalnya, orang normal akan melihat orang tidak adaptif. Benarkah orang kidal tidak adaptif dan menyiksa diri sendiri?

Kidal adalah kebiasaan menggunakan tangan kiri dalam melakukan aktivitas, baik itu menulis, memukul, memegang sendok, parang dan lain-lain. Orang kidal lebih banyak menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan, sehingga biasanya kekuatan tangan kiri orang kidal lebih kuat daripada tangan kanannya.

Sampai hari ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan adanya struktur dari otak yang berhubungan dengan fenomena kidal ini. Karena itu, sebagian ahli masih yakin bahwa kidal bukanlah bawaan yang dipengaruhi oleh aktivitas otak, tetapi kidal adalah sebuah kebiasaan yang didapat dan dipelajari.

Fenomena kidal, muncul sejak kecil, bahkan dari bayi. Dari umur 4 bulan, bayi sudah bisa memegang sesuatu. Jika sampai pada taraf umur tertentu, bayi terbiasa menggunakan tangan kirinya, kemungkinan dia akan mengalami kidal. Kebiasaan kidal pada anak-anak, akan terus berlangsung sampai dewasa jika tidak ada proteksi dari lingkungan disekitarnya.

Pada budaya-budaya barat, menggunakan tangan kiri adalah sebuah kelaziman seperti menggunakan tangan kanan, jadi penggunaannya tidak ada hubungannya antara “polite or impolite”.Berbeda dengan budaya timur, menggunakan tangan kiri, misalnya menyerahkan sesuatu dengan tangan kiri kepada orang lain, adalah sebuah ketidaksopanan. Hal ini yang menyebabkan, proteksi budaya timur pada orang kidal lebih besar. Sehingga dari sini kita dapat memprediksi probabilitas (kemungkinan) munculnya orang kidal dibarat lebih banyak daripada ditimur. Tetapi melihat jumlah realnya dilapangan, belum ada penelitian untuk itu.

Karena kidal adalah sebuah kebiasaan yang dipelajari, sehingga orang yang kidal akan beradaptasi dengan keadaannya tersebut. Jadi, tidak benar anggapan bahwa orang kidal adalah orang yang tersiksa dan tidak adaptif terhadap diri sendiri, karena orang kidal sendiri bisa menerima dan beraktivitas seperti orang normal lainnya. Kidal adalah sebuah variasi dalam beraktivitas, jika orang lain lebih sering menggunakan tangan kanan, maka orang kidal lebih sering menggunakan tangan kiri.

Jadi tidak ada perbedaan sama sekali, kidal hanyalah variasi, dan orang yang sering menggunakan tangan kiri di beri label “kidal”, tetapi bagaimana dengan orang yang sering menggunakan tangan kanannya? Sampai saat ini, belum ada label nama bagi orang yang sering menggunakan tangan kanan.

http://www.psychologymania.com/2012/03/kidal-kebiasaan-atau-bawaan.,,html

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.