Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Selasa, 14 Februari 2012

Home » , » Tokoh-Tokoh Ilmuwan Islam

Tokoh-Tokoh Ilmuwan Islam

Tidak banyak yang mengetahui sebenarnya banyak tokoh-tokoh ilmuwan Islam yang memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Pada masa kejayaan Islam di abad pertengahan telah banyak ilmuwan-ilmuwan yang menguasai sains, astronomi, ilmu falsafah, matematika, kedokteran, meta fisik, teologi, fikih, dan geografi.

Sumbangan ilmu yang tertulis dalam
beribu buku dari tokoh ilmuwan Islam ini menjadi landasan dari berbagai disiplin ilmu yang terus berkembang sampai saat ini, bahkan menjadi rujukan bagi ilmuwan beberapa abad setelahnya.

Beberapa Tokoh Ilmuwan Islam dan Sumbangannya

1. Al-Khawarizmi
Al-Khawarizmi yang hidup pada tahun 780 – 850 M ini banyak menguasai ilmu pengetahuan. Diantaranya ilmu matematika, geografi dan astronomi. Al-Khawarizmi atau yang terkenal dengan sebutan ‘Bapak Aljabar’ ini adalah ilmuwan yang menemukan angka 0 (nol) yang sangat bermanfaat dalam ilmu matematika.

2. Ibnu Sina
Tokoh ilmuwan yang termasyur ini banyak menguasai ilmu pengetahuan. Namun yang paling menonjol adalah dalam bidang kedokteran, sehingga Ibnu Sina disebut sebagai ‘Bapak Pengobatan Modern. Ilmuwan yang hidup pada tahun 980 – 1037 M di Persia ini banyak melahirkan karya-karya ilmu pengetahuan, diantaranya yang terkenal adalah kitab Al-Qanun fi At Tibb (terjemahan bebasnya : prosedur pengobatan) dan dipakai sebagai rujukan dalam bidang kedokteran selama berabad-abad. Karya yang lainnya adalah Asy-Shifa (yang berisi tentang berbagai ilmu pengetahuan yang terdiri dari 18 jilid), Al-Najat, dan ratusan karya lainnya.

3. Al-Farabi
Al-Farabi yang ahli beberapa bidang keilmuan seperti matematika, sains, ilmu politik, kenegaraan, dan musik ini hidup pada tahun 870-950 M berasal dari daerah farab,Kazakhstan. Karyanya yang paling terkenal Al-Madinah Al-Fadhilah yang artinya kota atau Negara utama. Buku ini membahas mengenai membangun kehidupan yang bahagia melalui kehidupan berpolitik yang baik, serta hubungannya dengan penguasa yang baik.  

4. Al Idrisi
Tokoh ilmuwan Islam yang lahir di Ceuta,Spanyol pada tahun l099-1166 M. Seorang ahli geografi dan sains. Ilmuwan Islam yang pertama kali menemukan peta bola dari perak. Salah satu buku karyanya Nuzahah al Musytaq Fi Isthiraq Al Afaq yang artinya kenikmatan pada keinginan untuk menjelajah negeri-negeri.

5. Ibnu Rushd
Ibnu Rushd yang memiliki nama lengkap Abu Walid Muhamad Ibnu Ahmad lahir di Spanyol pada tahun 1126 - 1198 M . Seorang pakar pengobatan, matematika, astronomi, geografi, sains, dan teologi. Karyanya antara lain “kulliyah fit-thib”, berisi tentang pengobatan secara umum, pengantar ilmu falsafah, Tafsir urjuza tentang pengobatan dan Tauhid.

6. Ibnu khaldun
Ibnu Khaldun yang hidup pada tahun 1332 – 1406 M di Tunisia. Pendiri historiografi, Pakar sosiologi dan ekonomi. Karya bukunya adalah ‘Muqadimah’ (pendahuluan). Tokoh ilmuwan Islam pertama yang mengkaji ekonomi Islam, dengan demikian dijuluki sebagai ‘Bapak Ekonomi Islam’.

7. Al-Biruni
Tokoh ilmuwan islam yang lahir dikhawarazmi,Turkmenistan tahun 973-1048 M ini merupakan pakar matematika, farmasi, filsafat, astronomi, dan sejarawan. Memiliki karya yang sangat banyak dalam berbagai bidang, dalam bidang matematika antara lain: Aritmatika, Penjumlahan Seri, Bilangan Irasional, Geometri, Sudut Segitiga, dan Teori perbandingan.

8. Al-Razi
Al-Razi adalah seorang pakar dalam bidang sains, kimia, pengobatan, dan biologi yang hidup pada tahun 865-925 M. Telah menulis buku kurang lebih 184 buah. Al-Razi telah berhasil mengembangkan ilmu kimia. Beliau merupakan orang pertama yang melakukan teknik jahitan diperut pasca operasi dengan benang yang dibuat dari bahan serat.

Yang disebut diatas hanyalah beberapa saja dari tokoh-tokoh ilmuwan Islam, yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Hampir semua disiplin ilmu yang ada pada masa sekarang ini. Terdapat sumbangan pemikiran yang besar dari para tokoh-tokoh ilmuwan Islam tersebut, dan manfaatnya dapat dirasakan pada saat ini. Oleh sebab itu, sudah seharusnya umat Islam bangkit kembali dan menguasai berbagai disiplin ilmu.


Sumber:
http://www.anneahira.com/tokoh-tokoh-ilmuwan-islam.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.