Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Senin, 13 Februari 2012

Home » » Pengaruh Peradaban Islam Pada Abad Pertengahan Bagi Indonesia

Pengaruh Peradaban Islam Pada Abad Pertengahan Bagi Indonesia

Perkembangan Islam Pada Abad Pertengahan 

Pada sekitar tahun 750 Masehi keturunan dari Bani Umayyah mulai redup dan sudah tidak punya pengaruh yang besar. Bahkan pada akhirnya mengalami keruntuhan. Namun meski begitu masih ada salah satu keturunan dari dinasti ini yang bernama Abdurrahman, mampu pergi ke Andalusia. 

Di wilayah yang merupakan bagian dari Eropa ini, dia membangun sebuah dinasti baru yang dinamakan Umayyah II. Dari sinilah beberapa ratus
tahun kemudian peradaban Islam pada abad pertengahan bisa lebih maju dan berkembang lagi. 

Pada saat itu perkembangan peradaban Islam pada abad pertengahan bisa maju pesat melalui tiga jalur. Yang pertama yaitu jalur Barat melalui Afrika Utara dengan melalui daerah semenanjung Liberia. Kemudian yang kedua adalah jalan tengah yang dimulai dari daerah Tunisia hingga Sisilia kemudian menuju ke wilayah Apenia. Sedangkan yang ke tiga adalah jalan Timur yang dimulai dari Byzantium hingga mencapai Wina Austria. 


Pengaruh Perkembangan Islam Bagi Indonesia

Sebelum Islam dikenal, kebanyakan masyarakat Indonesia adalah pemeluk agama Budha atau Hindu serta berbagai macam kepercayaan lokal seperti dinamisme dan animisme. 

Namun setelah ada perkembangan peradaban Islam pada abad pertengahan yang cukup pesat, peristiwa ini juga punya pengaruh yang cukup besar bagi bangsa kita, apalagi ketika agama ini mulai dikenal rakyat. Yang paling mencolok adalah : 

Pengaruh bahasa dan nama

Seperti kita ketahui, bila bahasa kita, yaitu bahasa Indonesia banyak terpengaruh oleh bahasa Arab. Misalnya pada kata lahir, musyawarah, kabar, surat, kursi dan lain lain. Kemudian banyak nama orang seperti Anwar, Muhaimin, Muthalib, Khadijah, Siti, Rahma, Aminah dan sebagainya. Semua ini berasal dari bahasa Arab asli. Ini adalah pengaruh dari perkembangan peradaban Islam pada abad pertengahan yang terlihat cukup nyata di bidang bahasa. 

Pengaruh seni dan budaya

Salah satu contoh pengaruh dari peradaban Islam pada abad pertengahan di bidang budaya adalah terdapatnya acara tahlilan, yasinan, syukuran dan ucapan salam. Kemudian untuk kesenian, kita bisa menjumpai jenis musik yang bisa bekembang di tanah air. 

Contohnya adalah seni rebana, kasidah, marawis atau shalawat dan seterusnya. Selain itu kita juga bisa melihat seni arsitek rumah untuk ibadah yang bentuk desainnya meniru masjid yang berada di daerah Arab dan Timur Tengah.


Pengaruh politik

Perkembangan dari peradaban Islam pada abad pertengahan juga punya pengaruh yang cukup di bidang politik. Setelah kerajaan Majapahit yang menganut agama Hindu serta Budha mengalami keruntuhan, banyak berdiri kerajaan Islam yang model atau sistem pemerintahannya juga sama persis dengan konsep kasultanan atau khilafah di negara negara Arab. 

Misalnya Demak yang rajanya menggunakan gelar Sultan. Kemudian Mataram yang bergelar Sunan. Demikian pula kerajaan lain yang berada di Aceh atau Sumatera, Banten dan Cirebon di Jawa Barat, Tidore dan lain lain. Semua ini berlangsung hingga Indonesia mendapat kemerdekaannya pada tahun 1945.

Pengaruh Ekonomi

Pengaruh ekonomi yang diakibatkan dari perkembangan peradaban Islam pada abad pertengahan terutama terjadi di daerah pesisir. Karena di tempat ini lebih sering mendapat kunjungan pedagang yang memeluk agama Islam dari Arab, Persia atau Gujarat. Mereka ini lebih suka melakukan transaksi dagang dengan menggunakan konsep Islam atau syariah. 



Sumber:
http://www.anneahira.com/peradaban-islam-pada-abad-pertengahan.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.