Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Selasa, 28 Februari 2012

Home » , , » Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar

Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar

Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar-Untuk melakukan perubahan dalam proses pendidikan, maka dibutuhkan metode yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak didik. Hal ini penting sebab ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar anak didik. Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dapat dilihat secara berkesinambungan sebab pendidikan adalah sebuah proses.

Tidak heran jika di dalam sebuah proses pendidikan dan pembelajaran,
metode pembelajaran harus dikuasai oleh guru. Semakin menguasai metode, semakin jelas pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar anak didik. Tetapi, kita juga perlu memperhatikan kondisi anak didik.

Guru harus mampu untuk memilih dan memilah metode yang sesuai dengan kondisi anak didiknya. Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan keberhasilan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah teknik yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal ini karena proses pembelajaran itu merupakan proses transfer ilmu dari guru ke anak didik dan untuk hal tersebut harus ada teknik khusus agar efektif. Jika metode pembelajaran yang kita terapkan tepat, maka hasil pembelajaran jelas maksimal.

Metode yang tepat akan menyebabkan anak didik merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi pada saat proses belajar. Mereka merasa ada kesinergisan antara proses di luar dan di dalam dirinya. Hal ini menyebabkan anak didik lebih konsen mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran.

Untuk melaksanakan proses pembelajaran, dalam rencana pembelajaran yang dibuat, guru harus diberikan informasi metode yang diterapkan untuk materi pelajaran tertentu. Setiap metode berbeda untuk setiap materi pelajaran.

Metode pembelajaran adalah langkah efektif yang diterapkan oleh guru dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran agar didapatkan hasil pembelajaran maksimal. Dengan metode pembelajaran ini, maka guru berharap anak didik dapat tidak terpecah konsentrasinya oleh pengaruh dari luar.

Beberapa Contoh Metode Pembelajaran
Untuk lebih jelasnya mengenai metode pembelajaran yang banyak diterapkan dalam proses pembelajaran, maka kita dapat menyimak beberapa contoh metode berikut. Metode –metode ini diharapkan diterapkan tidak secara tunggal, melainkan dapat kita terapkan secara kolaborasi antara dua atau tiga metode tersebut.
Metode-metode tersebut misalnya:
  • Metode Ceramah

    Metode ini merupakan metode paling kuno, artinya sejak proses pembelajaran diselenggarakan, metode ceramah merupakan metode yang pertama kali diterapkan oleh para guru. 

    Dalam metode ini, guru menyelenggarakan proses pembelajaran secara lisan, artinya guru menjelaskan secara lisan materi yang harus dipelajari oleh anak didik.

    Untuk saat sekarang, metode ini kurang pas sebab orientasi pembelajaran sekarang berpusat kepada anak didik, dan guru hanyalah sebagai fasilitator pendidikan.
  • Metode Diskusi

    Pada metode ini, guru membagi anak didik dalam jumlah tertentu dan memberikan tugas tertentu terkait dengan materi pelajaran. Tugas tersebut harus diselesaikan secara berkelompok dalam waktu tertentu.

    Metode ini menempatkan anak didik sebagai pelaku utama pembelajaran. Anak didik adalah subyek pembelajaran yang sudah seharusnya secara aktif mengikuti proses belajar. Oleh karena itulah, maka setiap anak didik harus berperan aktif dalam kegiatan belajar.
  • Metode Tanya Jawab

    Metode tanya jawab merupakan metode pembelajaran dengan menyertakan secara aktif anak didik dalam proses pembelajaran. Dengan metode tanya jawab ini, maka tercipta komunikasi aktif diantara guru sebagai pendidik dan anak sebagai yang dididik.

    Pada saat sesi tanya jawab, maka anak didik dapat mengutarakan berbagai hal yang dirasakannya sulit terkait dengan materi pelajaran dan guru memberikan jawaban.
  • Metode Penugasan

    Metode penugasan berarti anak didik diberikan tugas untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan materi pelajaran yang dipelajari. Penugasan yang kita maksudkan dalam hal ini adalah kesempatan bagi anak didik untuk menyelesaikan tugas dengan berdasarkan pada materi-materi tambahan di masyarakat.

    Anak menerapkan learning by doing, yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan cara melakukan kegiatan langsung. Dengan penugasan ini, maka anak dapat melakukan pembelajaran berdasarkan kondisi seharusnya.
Dengan memperhatikan pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar, maka kita dapat menentukan metode apa yang tepat kita terapkan dalam proses pembelajaran kita.


Sumber:
http://www.anneahira.com/pengaruh-metode-pembelajaran-terhadap-prestasi-belajar.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.