Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Jumat, 24 Februari 2012

Home » » Pembelajaran Efektif, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Pembelajaran Efektif, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Pembelajaran Efektif, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar SiswaAda banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Upaya-upaya ini merupakan langkah efektif pada proses pembelajaran. Hal ini merupakan respon kita atas kondisi dunia pendidikan yang dikatakan mengalami keterpurukan kualitas. Baik guru maupun orangtua terus berupaya agar anak-anak mendapatkan proses pembelajaran terbaik, maka berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar.


Bimbingan Belajar versus Belajar Tambahan di Sekolah

Bimbingan Belajar:
Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, baik sekolah maupun orangtua siswa berusaha memberikan kesempatan belajar afektif. Jika sekolah mencanangkan program pembelajaran tambahan, yaitu les di sekolah, maka orangtua juga tidak mau ketinggalan. Para orangtua berusaha mencarikan tempat terbaik bagi anak-anaknya untuk mengikuti program pelajaran tambahan.

Untuk pelaksanaan program tersebut, maka orang tua harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Hal ini karena untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, maka perlu dana untuk pembayarannya. Tetapi, di antara keduanya, program pelajaran tambahan yang dilaksanakan di sekolah jauh lebih murah dari bimbingan belajar di luar sekolah. Bahkan, terkadang di sekolah, program pembelajaran tambahan tidak dipungut biaya. Tetapi setidaknya satu hal yang sama yaitu upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Meskipun demikian, ternyata bimbingan belajar yang diselenggarakan di luar sekolah lebih menarik bagi para orangtua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Mereka lebih percaya kepada lembaga bimbingan belajar daripada guru-guru yang telah memberikan pembelajaran kepada anak-anak selama ini. Kita tidak dapat memahami latar belakangnya sebab sebenarnya belajar di sekolah lebih efektif. Tetapi, bimbingan belajar memang memberikan langkah efektif dalam belajar.

Belajar Tambahan di Sekolah

Pada umumnya, ketika hari sudah mendekati masa ujian atau ketika mendapati tingkat pemahaman siswa kurang, maka pada saat itulah sekolah, khususnya guru mata pelajaran untuk ujian nasional bekerja keras dengan mengadakan pembelajaran efektif. Pembelajaran efektif dilaksanakan dalam sebuah program pembelajaran tambahan dengan orientasi pada upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang dilakukan guru dalam bentuk les tambahan belajar pada umumnya ditekankan pada materi yang belum dikuasai siswa. Hal ini guru tahu secara pasti tingkat kemampuan siswanya. Dengan pengetahuan ini, maka siswa mendapatkan pemantapan sesuai dengan kebutuhannya.

Oleh karena itulah, program pembelajaran tambahan di sekolah sebenarnya lebih efektif dibandingkan dengan bimbingan belajar yang diselenggarakan di bimbel yang ada di masyarakat. Selain, siswa sudah mengenal dan akrab dengan gurunya, biaya yang dibutuhkan juga relatif kecil sehingga terjangkau oleh orangtua siswa. Bukankah keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Dengan demikian, seharusnya kedua tempat pelaksanaan pemantapan kemampuan siswa ini dapat saling melengkapi sehingga siswa benar-benar dapat memperoleh apa yang diharapkannya saat mengikuti kegiatan. Mereka menyadari bahwa segala kegiatan tersebut merupakan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa memang merupakan langkah konkrit untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dan, pembelajaran efektif memang sangat signifikan dalam program belajar ini. Dengan pembelajaran, pada siswa dan guru secara bersama-sama membentuk sebuah komitmen untuk melaksanakan pembelajaran yang berdaya guna. Komitmen ini sangat penting sebab pelaku pendidikan yang sebenarnya adalah siswa. Oleh karena itu, sekolah, dalam hal ini guru hanyalah memberikan fasilitasi pembelajaran efektif tersebut.

Lantas, bolehkah kita sekarang mengatakan, jika ingin berhasil belajarlah secara efektif! Ikutilah program pembelajaran yang benar-benar efektif untuk mendapatkan materi pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Dan, jawabannya adalah pasti bisa!


Sumber:
http://www.anneahira.com/upaya-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.