Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Minggu, 19 Februari 2012

Home » , » Internet Untuk Pendidikan

Internet Untuk Pendidikan

Internet Untuk PendidikanAda banyak manfaat internet untuk pendidikan. Selama ini banyak sekali inovasi-inovasi yang dicanangkan. Namun, tak semuanya berjalan dengan mulus. Program pemanfaatan internet khususnya yang dimotori oleh pemerintah sering kedodoran. Banyak sekali program yang ingin dijalankan. Tetapi sangat minim pelaksanaan.

Sementara, di kalangan kaum terpelajar di Indonesia, mereka berinisiatif sendiri dalam memanfaatkan internet untuk pendidikan. Bahkan, banyak lembaga-lembaga informal seperti kursus-kursus dan sekolah online bermunculan.


Itu semua memang tidak terlepas dari dua hal. Pertama tentang kemajuan dan perkembangan internet itu sendiri. Kedua, murahnya dan semakin luasanya internet bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Selain bisa diakses melalui handpone, internet kini juga bisa akses melalui berbagai warung internet yang kini menjamur, tak hanya di kota-kota besar, bahkan di pelosok desa pun sudah ada.

Nah, bagaimana internet bisa digunakan untuk pendidikan? Berikut ini diantaranya:

Pencarian Informasi Pendidikan
Penggunaan yang paling dasar dan sering dilakukan kalangan terpelajar kita adalah mencari materi dan informasi pendidikan di internet. Informasi ini khususnya yang menyangkut pelajaran atau mata kuliah mereka. 
Memang, kemudahan pencarian informasi ini kadang berdampak buruk yaitu maraknya kegiatan plagiat di kalangan terpelajar, begitu juga anak-anak jadi malas membaca buku. Untuk ini, kaum terpelajar lain seperti guru juga diharuskan mengikuti perkembangan internet tersebut, agar bisa mengawasi dan meminimalisir maraknya kasus plagiat ini.

Berbagi Ilmu Pengetahuan
Di dunia pendidikan, internet juga berfungsi sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan. Selain melalui website, yang marak adalah saling berbagi ilmu lewat blog atau semacam jurnal online pribadi. Lewat media tersebut, kalangan terpelajar saling berbagai informasi, menulis tentang kemampuan dan kepakarannya masing-masing.
Tentu saja, yang demikian ini perlu disambut dengan positif. Sebab secara langsung maupun tidak langsung bisa meningkatkan kualitas pendidikan kita sebab semakin banyak sumber informasi terkait dengan pendidikan yang mudah didapatkan untuk mendukung kegiatan akademik mereka.


Sarana Publikasi Pendidikan

Internet, juga bisa digunakan sebagai sarana publikasi pendidikan. Terutama untuk sarana publikasi jurnal ilmiah di kalangan akademisi. Sayangnya, yang demikian itu masih belum berkembang dengan baik. Penelitian-penelitian para pakar masing banyak yang disimpan dalam gedung-gedung perpustakaan.

Yang sedikit sekali orang yang bisa mengaksesnya. Untuk itu, perlu ada gebrakan di dunia akademik agar karya-karya ilmiah itu bisa mudah dinikmati pembaca.

Sarana Belajar Mengajar
Sebagai sarana kegiatan belajar mengajat contohnya adalah Universitas Terbuka. Kegiatan belajar-belajarnya dilakukan dengan jarak jauh melalui internet. Tidak dengan tatap muka langsung. Selain itu, kini marak sekali sekolah-sekolah online yang juga dijalankan oleh para praktisi bisnis dan praktisi pendidikan. Misalnya marak sekolah marketing online, bisnis online, maupun sekolah menulis online.

Semuanya itu dilakukan dengan bantuan internet, kelas maya, bukan kelas tatap muka. Tentu saya yang demikian merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan dan perlu terus di dukung perkembangannya.

Demikian fungsi internet untuk pendidikan. Internet memang hanya sekadar alat atau media, tinggal di tangan manusialah, ditangan kitalah penggunaan secara positif itu bisa dilaksanakan.  Untuk kebaikan atau keburukan, terserah Anda.



Sumber:
http://www.anneahira.com/internet-untuk-pendidikan.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.