Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Jumat, 17 Februari 2012

Home » , » Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah

Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah

Gempa Bumi Terbesar Sepanjang SejarahTahukah Anda gempa bumi terbesar? Kita mengenal dua jenis gempa bumi, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi bila adanya pergerakan lempeng bumi, sedangkan gempa vulkanik terjadi bila diseabkan oleh letusan gunung berapi.

Gempa bumi dapat diukur dengan alat pengukur gempa yang disebut dengan seismograph. Besar kekuatan getarannya tercermin dalam skalanya yang disebut skala richter. Semakin besar nilai skalanya, berarti semakin dahsyat kekuatan gempanya.

Sejarah mencatat, bumi kita telah mengalami gempa bumi berkali-kali. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan gempa bumi terbesar. Pengetian gempa bumi terbesar bisa diartikan sebagai gempa bumi dengan kerusakan dan jumlah korban terbanyak, atau gempa bumi dengan skala richter tertinggi.


Berdasarkan Jumlah korban


Berikut ini adalah lima gempa bumi terbesar sepanjang sejarah manusia berdasarkan jumlah korban dan kerusakan yang ditimbulkan.


1. Gempa Bumi Shaanxi


Gempa ini tercatat jumlah korbannya terbanyak, yaitu mencapai 830.000 jiwa. Bencana ini terjadi di Shaanxi, China. Gempa ini terjadi pada pagi hari di musim panas tanggal 14 Februari 1556.


2. Gempa Bumi Tangshan


Sebanyak 255.000 orang tewas akibat gempa dahsyat yang  terjadi pada pagi hari 28 Juli 1976 di Tangshan Hebei, China. Gempa bumi terbesar kedua ini berlangsung selama 10 detik.


3. Gempa Bumi Haiyuan


Gempa terbesar ketiga adalah gempa bumi Haiyuan. Gempa terjadi tanggal 16 Desember 1920 di kota Haiyuan, Ningxia, China. Gempa ini telah menewaskan sekitar 240.000 orang. Gempa ini memicu sejumlah besar tanah longsor di seluruh wilayah episentrum serta membendung beberapa aliran sungai.


4. Gempa Bumi Aleppo


Kota Aleppo terletak di sepanjang bagian utara Laut Mati, merupakan batas lempengan yang memisahkan lempeng Arab dari lempeng Afrika. Kota ini termasuk wilayah Syiria. Pada tanggal 11 Oktober 1138, kota ini diguncang gempa dahsyat yang menewaskan sekitar 230.000 dan berkekuatan 8.5 skala richter.


5. Gempa Bumi Samudera India


Gempa dahsyat ini terjadi tanggal 26 Desember 2004 di Samudra Hindia, lepas pantai sebelah barat Aceh. Gempa ini menyebabkan gelombang tsunami yang menyebabkan kerusakan sangat parah serta menewaskan kurang lebih 230.000 jiwa. Gempa bumi ini tercatat sebagai gempa terdahsyat dan terbesar di Asia Tenggara dalam waktu 40 tahun. Gempa dahsyat ini berkekuatan 9.3 skala Richter. 


Berdasarkan Skala Richter


Ternyata berdasarkan skala Richter, gempa bumi terbesar terjadi pada tanggal 22 Mei 1960 di Chile. Gempa ini tercatatat sebesar 9.5 skala Richter. Episentrum gempa berada pada  60 meter dari dasar laut.

Akibat gempa ini, Kota terdekat yaitu Valdiva dan Peurto Montt mengalami kerusakan hebat. Longsor dan banjir lumpur menggenangi seluruh kota. Gempa ini juga menimbulkan gelombang tsunami yang menghantam pantai Chile setinggi 25 meter. Gelombang naik hingga mencapai 10.000 km jauhnya dan tinggi 10 meter. Akibatnya, tanah di sepanjang pantai Chile amblas total.




Sumber:
http://www.anneahira.com/gempa-bumi-terbesar.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.