Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Jumat, 17 Februari 2012

Home » , , » Dongeng Mitos dan Manfaatnya untuk Anak

Dongeng Mitos dan Manfaatnya untuk Anak

Dongeng Mitos dan Manfaatnya untuk AnakAnda mungkin masih ingat, saat masih kecil, dengan dongeng yang sering diceritakan Ibu atau ayah menjelang kita tidur. Ada dongeng mitos dari dunia binatang ataupun dongeng legenda tentang kepahlawanan seseorang. Kisah-kisah yang diceritakan dalam dongeng tersebut seakan masih melekat kuat dalam benak kita meski kita telah dewasa.

Ditengah kesibukan pekerjaan maupun mengurus rumah tangga, saat ini sudah sangat jaranng terdengar para orang tua yang mendongengkan sesuatu kepada anak-anaknya. Kebiasaan mendongeng seakan tenggelam seiring perkembangan jaman yang katanya makin canggih dengan daya rasionalitas manusia yang makin tinggi. Akibatnya, dongeng pun akhirnya sekedar dianggap membuang waktu dan tak ada manfaatnya buat anak-anak.

Mengalami Modifikasi
Sebagai sebuah kisah fiktif, cerita dongeng bisa diambilkan dari berbagai sumber. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kemampuan orang tua atau ibu untuk mendongengkannya kembali kepada anak-anaknya. Ada kisah yang diambilkan dari sejarah kepahlawanan nasional, dari legenda cerita rakyat yang pernah pernah terjadi, maupun dari berbagai mitos.

Dongeng mitos merupakan dongeng yang mengambil cerita atau kisah lama dari dunia lain yang dianggap pernah benar-benar tejadi, meskipun sulit dibuktikan adanya. Mitos agak berbeda dengan legenda yang biasanya dihubungkan dengan kisah yang diyakini pernah terjadi, seperti legenda Sangkuriang, ataupun yang lainnya. Dibandingkan legenda, mitos umumnya dikaitkan dengan sesuatu yang agung dan suci.

Banyak mitos yang pernah hidup dalam masyarakat kita dan dianggap benar-benar pernah terjadi dan mengispirasi masyarakatnya. Diantaranya seperti mitos tentang Dewi Sri sebagai dewa yang melindungi tanaman padi, mitos tentang asal mula dunia binatang, dan sebagainya. Namun sebagai sebuah dongeng, kisah dalam mitos umumnya telah mengalami modifikasi yang disesuaikan dengan muatan nilai yang ingin disampaikannya.

Manfaat Dongeng
Sebagai sebuah kisah yang penuh imajinasi, dongeng sebenarnya sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang anak. Dalam hubungannya dengan dongeng, perkembangan anak-anak secara garis besar dapat dipilah antara periode batita atau dibawah 5 tahun, pra sekolah, dan masa sekolah. Pada masa atau periode ini, rangsangan melalui dongeng akan sangat membantu anak mengenal dunia secara lebih luas.

Anak-anak yang masih berusia antara 1 hingga 3 tahun, selain perkembangan motoriknya yang cukup dominan juga sedang berproses dalam mengoleksi kata-kata, kalimat, serta mengumpulkan berbagai pengalaman baru. Pengalaman bisa berasal dari realitas social d sekitarnya maupun dari cerita dan dongeng imajinatif yang diperolehnya. Tahap ini sering diistilahkan sebagai tahap eksplorasi anak terhadap berbagai hal.

Begitu juga dengan anak-anak pra sekolah atau antara 3 hingga 6 tahun maupun masa sekolah awal, mengalami perkembangan otak yang pesat. Melalui dongeng mitos, anak-anak bukan saja mendapatkan hiburan, namun juga dapat menyerap berbagai pengalaman baru melalui rangsangan imajinasinya. Bahkan melalui muatan nilai dari kisah dongeng, anak-anak pun mengenal dan menyerapnya sebagai proses internalisasi.



Sumber:
http://www.anneahira.com/dongeng-mitos.htm

1 komentar:

  1. wow...blognya keren...
    Artikelnya juga menarik dan bermanfaat...
    Saya suka sekali..
    Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang lagu-lagu anak...
    Mari berkunjung ke blog saya...soalnya ada juga lagu-lagu anak karya saya sendiri lho...
    semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Kak Zepe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.