Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Kamis, 16 Februari 2012

Home » » Definisi dan Pengertian Teknologi

Definisi dan Pengertian Teknologi

Definisi dan Pengertian TeknologiSecara umum, banyak orang memahami pengertian teknologi hanya dikaitkan dengan perkembangan secara fisik dari sebuah benda. Dari yang bersifat tradisional menjadi lebih modern atau juga dari yang bersifat manual berkembang ke arah digital. Namun secara umum, pengertian teknologi lebih luas daripada sekedar melihat dari sudut pandang fisik semata.

Asal mula kata teknologi sendiri dipercaya berasal dari kata technologia yang merupakan gabungan dua kata ykni techne yang berarti kerjanian serta logia yang diartikan sebagai pengetahuan. Sehingga pengertian teknologi sendiri bisa dipahami sebagai sebuah proses pemanfaatan alat atau barang kerajinan serta bagaimana alat atau barang tersebut mampu mempengaruhi sekitarnya.

Di sisi lain, pengertian teknologi bisa juga diartikan sebagai kumpulan dari benda-benda yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia serta meningkatkan kuailtas kehidupan manusia. Contohnya adalah ketika bagaimana seseorang menggunakan mesin, penciptaan ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Perkembangan ilmu pengetahuan bisa pula digolongkan sebagai sebuah teknologi. Contohnya adalah pengetahuan manusia mengenai penemuan jenis penyakit yang sering menyerang manusia, teknik pengobatan medis yang lebih aman dan higienis serta lain sebagainya.

Pada awalnya, sumber daya alam merupakan sumber teknologi yang paling awal digunakan manusia. Seperti pada kehidupan manusia purba, yang menciptakan berbagai alat rumah tangga menggunakan batu dan kayu. Salah satu penemuan dari jaman prasejarah yang hingga kini masih kita gunakan adalah api. Pada jaman prasejarah, manusia menciptakan serta mengendalikan api untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Misalnya digunakan untuk mengolah makanan atau sebagai alat penerangan di malam hari. Hal ini merupakan sebuah bukti bahwa alam merupakan sumber teknologi yang menyediakan banyak kebutuhan manusia. Hanya saja pada saat ini dengan perkembangan jaman, manusia tidak lagi menggunakan batu sebagai alat pemantik api, meski konsep tentang api yang berasal dari pergesekan dua benda tersebut masih digunakan untuk menciptakan api.

Di era modern, teknologi sudah dianggap sebagai salah satu bagian kehidupan masyarakat. Hal ini karena teknologi memiliki peran penting dalam mempengaruhi pola dan kebudayaan masyarakat saat ini. Tidak ada satu sektor pun dari kehidupan manusia yapng terlepas dari teknologi. Salah satu bagian penting perkembangan teknologi modern saat ini adalah penemuan perangkat komunikasi dan segala turunannya.

Perkembangan ini seperti penemuan telepon, televisi, radio dan yang paling fenomenal adalah penemuan internet. Teknologi ini menyebabkan loncatan perubahan di berbagai macam sektor kehidupan manuusia. Sebab, penemuan teknologi tersebut mampu menembus berbagai hambatan yang sebelumnya muncul dalam proses pembangunan sebuah masyarakat.

Teknologi informasi seakan meruntuhkan sekat pembatas yang sebelumnya ada dalam kehidupan manusia. Informasi terkini yang ada di belahan dunia lain mampu diketahui oleh masyarakat seluruh dunia. Berbagai macam transaksi bisnis, bisa terselenggara pada saat yang bersamaan tanpa membutuhkan pertemuan secara fisik dari masing-masing pihak.

Di sisi lain, perkembangan teknologi tidak selamanya menimbulkan dampak positif bagi masyarakat. Adanya kebebasan arus informasi dan transaksi perdagangan membawa dampak negatif bagi sebagian kalangan. Secara fisik hal ini bisa terlihat dari semakin tingginya angka polusi dunia dan semakin rusaknya kelestarian alam. Perdagangan bebas memicu eksplorasi hasil alam seperti hutan dan pertambangan yang mengakibatkan hilangnya keseimbangan alam dan pada akhirnya menyimpan potensi bahaya bencana alam.

Dari sisi nonfisik, masuknya arus informasi tanpa ada penyaring seringkali menimbulkan pergesekan serta pergeseran budaya. Sikap permisif menjadi lebih berkembang di tengah masyarakat yang melepaskan sistem kontrol di tengah masyarakat. Akibatnya, pola pergaulan bebas pun kian marak berkembang, hilangnya tata kesopanan pun semakin dianggap sebagai hal yang wajar.

Hal ini khususnya banyak melanda mereka yang berada di wilayah pinggiran dan berlatar belakang pendidikan rendah. Hanya karena terdorong rasa ingin dianggap modern, mereka menelan mentah-mentah semua informasi yang masuk dan melakukan segala hal yagn mereka lihat tanpa mampu memilih dan memilah mana yang baik dan benar.

Hal ini berdampak pada munculnya perdebatan di sebagian kalangan mengenai arti penting teknologi bagi kehidupan manusia. aliran penganut Neo Liddis, anarko primitivesme serta gerakan-gerakan sejenis lain menganggap bahwa teknologi hanyalah sebuah penemuan yang bersifat merugikan dan merusak manusia. Oleh karena itu, sebaiknya manusia menggunakan konsep tradisional dalam beberapa aktivitas mereka. Tujuannya agar kelestarian kehidupan bisa tetap terjaga dengan baik.

Aliran ini mendapat tantangan dari kelompok yang mendukung perkembangan teknologi. Kelompok ini memiliki ideologi seperti transhumanism atau techno progresivisme, yang memiliki pandangan bahwa teknologi akan terus memiliki manfaat bagi perkembangan umat manusia.

Teknologi Sebagai Barang Buatan Manusia

Teknologi dianggap sebagai barang buatan manusia, merupakan pengertian teknologi yang paling tua, sederhana serta paling umum dipahami manusia. Pengertian ini muncul karena sejak jaman purba, manusia selalu berusaha menciptakan berbagai macam alat untuk mencukupi kebutuhannya. Hal ini terjadi karena pada dasarnya manusia memiliki keterbatasan dalam kekuatan jasmaninya sehingga membutuhkan alat bantuan beruapa alat untuk membantu aktivitas mereka.

Salah satu ahli yang mencuatkan pemahaman ini adalah Lord Ritchie Calder. Menurutnya, sejak masa yang paling tua dan alat paling sederhana, setiap penemuan serta penciptaan yang terjadi menunjukkan bukti bahwa manusia bukan hanya sebagai makhluk perseptual saja. Namun, manusia juga sebagai makhluk konseptual yang memiliki kemampuan untuk mengamati, mengingat serta menjajarkan gambarang imajinasi mereka. Dengan demikian, manusia mampu membuat sebuah perancangan khayal, imajinasi mengenai sebuah konsep teknologi termasuk ketika media untuk mewujudkan khayalannya tersebut tidak tersedia.

Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia

Kegiatan manusia bisa dikategorikan sebagai teknologi. Karena di dalam teknologi itu sendiri terdapat proses pembuatan serta penggunaan. Pembuatan merupakan aktivitas merandang serta penciptaan suatu aktivitas berdasarkan fungsi barang tersebut. Contoh yang bisa diberikan adalah pembuatan perahu, dimana untuk membuat perahu manusia harus membuat kapak, palu, gergaji serta berbagai alat pendukung lain sebagai media pembuatan perahu. Hal ini menunjukkan proses membuat dan mengguakan yang terlihat pada proses penciptaan sebuah perahu.

Teknologi Kumpulan Pengetahuan

Bahwa pengetahuan merupakan hal mendasar bagi terwujudnya sebuah teknologi. Mengingat melalui pengetahuan, dapat disusun langkah-langkah sistematis untuk menciptakan sesuatu yang berharga dan bisa bermanfaat bagi manusia. Dan pengetahuan ini harus dipelajari manusia, baik dengan cara belajar dari berbagai macam sumber atau diperoleh dari pengalaman pribadi mereka.

Tom Burns memiliki definisi tentang pengetahuan. Menurutnya, pengetahuan bisa digolongkan menjadi dua kelompok. Golongan pertama adalah pengetahuan yang masih melekat pada bangsa yang terbelakang, dimana bangsa ini belum mengenal industrialisasi modern. Golongan kedua adalah pengetahuan yang sudah memiliki hubungan dengan industrialisasi modern.

Secara sederhana, hal ini dapat disimpulkan dengan membedakan teknologi yang masih bersifat tradisional ketika industrialisasi belum dikenal. Dan kedua pengetahuan yang sudah bercorak modern dalam proses penciptaan pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui sektor barang dan jasa. Dengan demikian, pengetahuan berhubungan dengan tata cara kehidupan manusia pada suatu masa tertentu yang ditandai dengan macam peralatan yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.




Sumber:
http://www.anneahira.com/pengertian-teknologi.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.