Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Selasa, 14 Februari 2012

Home » , , » Danau Unik di Indonesia

Danau Unik di Indonesia

Di manakah lokasi danau paling unik di Indonesia? Pertanyaan itu terbilang wajar mengingat Indonesia yang terkenal karena luas perairannya ini pastilah memiliki sejumlah danau yang unik. Danau paling unik di Indonesia memang banyak. Bahkan, beberapa di antaranya tak hanya menyimpan keunikan.

Beberapa danau paling unik di Indonesia ini telah membuat harum nama Indonesia di mata internasional. Danau-danau tersebut memiliki kisah unik dan menarik! Berikut adalah kumpulan danau paling unik di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

1. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Paniai

Danau ini memiliki julukan Si Mutiara dari Timur. Tahun 2007, konferensi danau sedunia yang terdiri atas 157 negara pemilik danau sepakat menobatkan Paniai menjadi danau terindah di dunia. Danau paling unik di Indonesia ini terletak di Papua ini pertama diketahui keberadaannya tahun 1938. Seorang pilot Belanda melihatnya ketika terbang melintasi pegunungan Papua. Bagaikan terhipnotis oleh keindahan danau yang terletak pada ketinggian 7.500 dpl ini, ia langsung banting setir dan mendarat di sana.

Itulah sebabnya mengapa Paniai mulanya lebih dikenal dengan nama Wissel Meeren. Salah satu danau paling unik di Indoensia ini dinilai sebagai satu-satunya danau di dunia yang masih asli, belum tersentuh manusia. Ironisnya, meski namanya tersohor di kalangan dunia internasional, orang Indonesia sendiri kurang mengenal danau ini. Di danau seluas 14.500 hektar ini tinggal makhluk unik bernama ‘udang selingkuh’, sejenis udang yang memiliki capit besar seperti kepiting. Inilah alasan mengapa danau ini disebut sebagai danau paling unik di Indonesia. 

2. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Kakaban

Danau ini dikenal denga sebutan rumah ubur-ubur terbalik. Proses terbentuknya danau ini sudah sangat lama. Jutaan tahun lalu pada zaman prasejarah, sejumlah air laut terperangkap di tengah Pulau Kakaban; dan setelah evolusi selama dua juta tahun, air laut bercampur dengan air hujan dan tanah sehingga membentuk danau prasejarah Kakaban yang sekarang kita kenal.

Hingga hari ini pun sejumlah hewan laut masih hidup di salah satu danau paling unik di Indonesia: timun laut, ular laut, kepiting, dan yang paling unik adalah ubur-ubur terbalik. Apakah itu? 

Melalui proses ribuan tahun, hewan laut ini ‘terpaksa’ beradaptasi dengan perubahan air dan ‘berkongsi’ dengan ganggang di danau untuk mendapat lebih banyak oksigen. Ubur-ubur ini menaruh ganggang di kakinya dan berjalan dengan kepala di bawah kaki di atas. Perilaku ganjil ini yang membuat peneliti terpesona.

3. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Tolire: Misteri yang Tidak Terpecahkan

Sebuah danau di Maluku Utara menyimpan teka-teki yang hingga hari ini belum ada penjelasannya. Jika Anda melempar batu ke arah danau paling unik di Indonesia ini, batu itu tidak pernah bisa menyentuh air danau, entah kenapa. Inilah mengapa danau ini disebut danau paling unik di Indonesia.

Saking terkenalnya fenomena yang ada di danau paling unik di Indoensia ini, para turis yang datang biasa melempar batu dari tepi atas danau memakai batu yang dijual seribu rupiah per lima butir. Namun, meski air danau tepat berada di bawah pelempar, batu tidak pernah mengenai danau. Kedalaman danau Tolire belum diketahui secara pasti, namun warga setempat mengatakan bahwa dalamnya berkilo-kilo meter dan terhubung langsung ke laut. 

Konon, di dasar danau paling unik di Indonesia ini terdapat harta karun melimpah. Ketika Kesultanan Terate dijajah Portugis pada abad 15, masyarakat memilih membuang harta kekayaannya ke danau daripada diambil penjajah.

Peneliti yang pernah memindai danau pun mengkonfirmasi keberadaan logam di dasar danau paling unik di Indoensia ini. Namun, tidak ada yang berniat mengambil. Jangankan harta karun, sekadar ikan saja warga tak berani mengambil karena percaya adanya siluman yang menjaga danau tersebut.

4. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Kelimutu: Warna-warni yang Memesona

Danau kawah adalah kawasan perairan yang menutupi sebuah kawah gunung berapi. Salah satu danau kawah paling menakjubkan di dunia dan juga danau paling unik di Indonesia adalah Danau Kelimutu di Flores.

Ada 3 danau di Kelimutu, yaitu Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua, yang biasa berwarna biru), Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau Pemuda dan Pemudi, biasanya berwarna hijau), dan Tiwu Ata Polo (Danau Pesona, biasanya berwarna merah). Meski begitu, warna ketiga danau ini terus berubah sepanjang waktu, sebuah faktor yang menjadikan Kelimutu terdaftar sebagai salah satu keajaiban dunia.

Kelimutu adalah satu-satunya danau yang bisa berubah sendiri warnanya, paling jelas terlihat pada pagi hari. Terkadang air danau Kelimutu berubah jadi cokelat, kehitaman, hingga kekuningan.

5. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Toba: Gunung Berubah Menjadi Danau

Tujuh puluh tiga ribu tahun lalu, sebuah gunung meletus dengan dahsyatnya. Letusan terbesar sepanjang masa itu mengakibatkan perubahan iklim global, ‘memangkas’ jumlah penduduk suku setempat, dan menimbulkan migrasi besar-besaran.

Cekungan kawah bekas letusan gunung itu kemudian terisi air dan kini kita kenal sebagai Danau Toba, danau kawah terbesar di dunia. Selain itu, Danau Toba juga merupakan danau terdalam di dunia dan danau paling unik di Indonesia.

6. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Kawah Kelud: Danau yang Menghilang

Pada mulanya, Danau Kelud, salah satu danau paling unik di Indonesia, merupakan puncak dari Gunung Kelud. Pergerakan aktif gunung berapi itu menimbulkan kubah lava yang semakin hari semakin besar hingga tepat pada tahun 2008, Danau Kelud benar-benar lenyap digantikan oleh kubah lava.

Kubah vulkanik tersebut kini dinamai Gunung Tunggul Argo, dengan diameter 469 meter dengan ketinggian 250 meter.

7. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Gunung Tujuh

Salah satu danau paling unik di Indonesia ini bernama Danau Gunung Tujuh dan terletak di Jambi. Danau paling unik di Indonesia ini dinamai Danau Gunung Tujuh karena berada di di tujuh puncak gunung, yakni Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter), Gunung Madura Besi (2.418 meter), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 meter), Gunung Selasih (2.230 meter), Gunung Jar Panggang (2.469 meter), dan Gunung Tujuh (2.735 meter m).

Danau paling unik di Indonesia ini adalah danau keldera yang tercipta akibat erupsi gunung berapi pada zaman dahulu. Danau ini berada diketinggian 1.996m dan menjadikannya sebagai danau paling tinggi di Asia Tenggara. Itulah alasan mengapa Danau Tujuh Gunung dinobatkan sebagai salah satu danau paling unik di Indonesia. 

8. Danau Paling Unik di Indonesia - Danau Ranau

Salah satu danau paling unik di Indonesia ini bernama Danau Ranau dan termasuk danau terluas kedua di Pulau Sumatera sesudah Danau Toba di Sumatera Utara. Secara geografis, salah satu danau paling unik di Indonesia ini berada di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung.

Pada malam hari, udara di danau ini terasa sejuk, sedangkan pada siang hari suhunya cerah. Danau ini tercipta karena gempa tektonik pada zaman dulu yang membentuk cekungan besar. Walaupun termasuk danau kawah, Danau Ranau tidaklah berada persis di puncak Gunung Seminung. Inilah sebabnya danau ini disebut sebagai salah satu danau paling unik di Indonesia.


Sumber:
www.anneahira.com/danau-paling-unik-di-indonesia.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.