Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Minggu, 15 Januari 2012

Home » » Kontroversi Tahun 2012 dan Perspektif Islam Tentang Kiamat

Kontroversi Tahun 2012 dan Perspektif Islam Tentang Kiamat

tahun 2012 kita di hadapkan dengan berbagai kontroversi dan isu – isu yang mencengangkan bagi masyarakat di seluruh belahan dunia. Dalam buku ‘Apocalypse 2012’ (Lawrence E.Joseph: 2007), penulis berdarah Lebanon yang menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Aerospace Consulting Corporation di New Mexico ini dipaparkan dengan sangat jelas dan juga ilmiah tentang kemungkinan terjadinya bencana alam di tahun tersebut
Bencana itu antara lain: siklus aktivitas matahari yang memuncak di tahun 2012 yang menyebabkan panas yang luar biasa di bumi, terlebih atmosfer kita sudah mengalami penipisan dan bolong di beberapa bagian sehingga selain memanaskan bumi dengan radikal juga melelehkan es di kutub dan juga menimbulkan badai serta topan yang dahsyat. Medan magnet bumi yang berfungsi sebagai pertahanan utama bumi terhadap radiasi sinar matahari mulai retak bahkan ada yang sampai sebesar kota California di sana-sini. Pergeseran kutub juga tengah berlangsung Dan lain-lain.
Belum lagi prediksi kalender bangsa maya mengenai tahun 2012., kalender maya 2012 memprediksi akan terjadi kiamat yang mengerikan (kalender maya 2012). Benar tidaknya kalender maya 2012 ini tentu hanya tuhan yang tahu. Tetapi setidaknya kalender maya 2010 memang sangat fenomenal, betapa tidak ketika suku maya menyatakan akan ada kiamat pada tahun 2012, hal ini berdasar kalender maya 2012, banyak sekali masyarakat dan para peneliti yang memperbincangkannya. Dalam kalender bangsa Maya, diramalkan bahwa pada periode 1992-2012 bumi akan dimurnikan, selanjutnya peradaban manusia sekarang ini akan berakhir dan mulai memasuki peradaban baru.

Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini, akan terjadi perubahan secara total, orang Maya menyebutnya, penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap, setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. Arguelles dalam bukunya itu menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya.
Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu, bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar, bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization, mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Setelah itu, bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi.
Pada 31 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini, dalam perhitungan kalender Maya. Sesudah itu, umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. Pada hari itu, tepatnya musim dingin tiba, matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Saat itulah, matahari tepat berada di tengah-tengah sela sistem galaksi, atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi, bagaikan membuka sebuah “Pintu Langit” saja bagi umat manusia.
Jika di lihat dari perspektif islam, yaumul kiyamah hari yang mengharuskan semua makhluk yang ada pada waktu itu melewatinya. Tentang kebenaran hari tersebut, beberapa ayat bahkan hadis telah menjelaskannya. Bagaimana dalam surat al-qariah di jelaskan prihal kiamat atau dalam surat al-wqiah dsb. Mengenai waktu, inilah yang tidak bisa di prediksi hanyalah Allah yang tahu. Bahkan rasulpun tidak memberitahukan kapan The last day of the world akan datang, hanya saja beliau memberi tahukan tanda-tanda kedatangan peristiwa tersebut.
Dalam ayat al-Qur’an di jelaskan “Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu, melainkan hari kiamat (yaitu) yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari Kiamat sudah datang?” (QS Muhammad: 18)
Dari ayat ini kita ketahui bahwa Al Qur’an telah menjelaskan tanda-tanda yang mengumumkan datangnya Hari Akhir itu. Agar dapat memahami tanda-tanda ‘pengumuman besar’ ini, kita harus merenungkan ayat ini dan mempersiapkannya. Sebaliknya, seperti yang ditunjukkan dalam ayat ini, pemikiran kita tidak akan berguna sama sekali ketika Hari Akhir tiba-tiba datang kepada kita dan kita tidak mempersiapkannya.
Dari beberapa kterangan yang kita dapat dari Al Quran maupun hadis, kiamat tidak akan datang sebelum semua tanda telah kita lihat. Melihat realitas yang terjadi sesungguhnya tanda-tanda itu telah mengelilingi kita.
Dalam sebuah hadis di jelaskan mengenai tanda-tanda kiamat “Kekayaan beredar hanya di antara orang-orang kaya, tanpa manfaat bagi orang-orang miskin”. (HR Tirmidzi) Keadaan inilah yang sedang menyelimuti dunia, khususnya Bangsa Indonesia saat ini. Dalam kenyataannya ‘Ketimpangan sosial teruslah meningkat’
Dalam keterangan lain kiamat tidak akan datang sehingga “Pria akan meniru perilaku wanita; dan wanita akan meniru perilaku pria. (Allama Jalaluddin Suyuti, Durre-Mansoor). Kita bisa menyaksikan bagaimana penyimpangan (tanda) ini sedang berlangsung. Perempuan tak betah dengan penampilan yang anggun dan menutup aurat dan sebaliknya lelaki tak nyaman apabila berpenampilan gagah berani. Maka tak heran dalm masyarakat khususnya di kalangan remaja sering muncul landian “Cewe Tomboy” dan lain sebagainya. Tanda-tanda di atas merupakan salah satu contoh tentang hari kiamat yang sering kita lupakan.
Jadi sangatlah jelas bagaimana sikap kita menyambut kedatangan tahun 2012. Sikap yang paling utama adalah koreksi atau muhasabah diri, dan selanjutnya di aplikasikan dalam kehidupan yang nyata.
Kita tidak perlu khawatir akan isu kiamat di tahun 2012, kapanpun kiamat itu datang selagi kita telah mempersiapkannya tidak ada yang di khawatirkan. Isu bangsa maya dan Kontroversi 2012 hanyalah isu yang akan membakar semangat kita untuk terus meningkatkan pengabdian kita paada-Nya. Oleh karena itu di ahir tahun ini marilah kita merenungi semua tanda-tanda kekuasaannya.
Muhammad ‘Jhon’ Husain Ksyf












Sumber: http://iniciamis.com/kontroversi-tahun-2012-dan-perspektif-islam-tentang-kiamat/

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.