Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Selasa, 24 Januari 2012

Home » , » Ikhlas atau Pasrah?

Ikhlas atau Pasrah?

Tau kan bedanya pasrah ama ikhlas? Kalo menurut kalian, mana yang lebih sering kita alami dalam hidup? Kepasrahan, atau keikhlasan? Oke lah, saya kasih contoh kasus aja dulu deh bedanya pasrah ama ikhlas.

Misalnya kalian punya seekor ayam. Suatu ketika kalian kedapetan mergokin orang yang lagi nyolong satu-satunya ayam kesayangan kalian itu. Kalian langsung ngejar si Maling itu dengan sekuat kemampuan kalian. Sampe akhirnya kalian sampe ditempat persembunyian dia disebuah gubuk. Begitu  kalian  udah yakin bisa nangkep tuh maling, tau-taunya dari dalem gubuk itu keluar lima orang berbadan kekar, termasuk si maling ayam yang  kalian  kejar tadi. Kalo  kalian  nekat melawan mereka, 
kalian  pasti mampus deh. Akhirnya  kalian  malah kabur menyelamatkan diri. Dan ketika  kalian  ceritain ke temen  kalian  soal itu, temen  kalian  nanya : “ Terus gimana nasib ayam kesayangan kamu itu?”

kalian ngejawab dengan lirih : “ Saya pasrahin aja deh. Abis mau gimana lagi? Saya gak berdaya menghadapi situasi saat itu.”



Contoh kedua: Misalnya ( masih soal ayam juga nih )  kalian  miara seekor ayam. Kasusnya sama ama cerita diatas,  kalian  mergokin orang lagi nyolong ayam  kalian  itu.  kalian  pun segera mengejar si maling itu dengan segala tenaga yang  kalian  punya.  kalian  akhirnya bisa sampe ditempat persembunyian dia, disebuah gubuk reot. Ketika lo mengendap-endap ingin menangkap basah tuh maling,  kalian  melihat pemandangan mengenaskan dari celah bilik gubuk reot itu. Ternyata yang maling ayam  kalian  tuh bocah tanggung yang tampak kelaparan. Dan digubuk itu dia tengah memotong ayam  kalian  itu bersama ketiga adiknya yang masih kecil-kecil dan berbadan kurus. Belom lagi ada ibunya yang terbaring lemah disebuah dipan reot.


Akhirnya  kalian  mengurungkan niat untuk menangkapnya karena rasa iba  kalian  terhadap keluarga malang itu. Ketika  kalian  ceritain hal itu ke temen  kalian , temen  kalian  itu nanya gini :

“ Terus kamu sedih banget dong kehilangan ayam kesayangan kamu itu ?”

kalian ngejawab sambil tersenyum : “ Gue udah ikhlasin kok. Mereka jauh lebih membutuhkan ayam itu dari pada gue.”

Itu bedanya Pasrah ama ikhlas.

Pasrah itu sebuah sikap penerimaan karena ketidak berdayaan dalam merubah keadaan yang ada. Sedangkan ikhlas adalah sikap penerimaan karena kerelaan dan memahami keadaan yang ada.Bukan Karena tak berdaya.

Jadi, mana yang lebih sering  kalian  alami? Kepasrahan atau keikhlasan?


sumber:
http://rudynalsya.multiply.com/journal/item/48/PASRAH_ATAU_IKHLAS_?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.