Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Rabu, 11 Januari 2012

Home » » Hubungan Ilmu Kimia dengan Ilmu Pengetahuan Lainnya

Hubungan Ilmu Kimia dengan Ilmu Pengetahuan Lainnya

Ilmu kimia disebut juga central science, karena peranannya yang sangat penting di antara ilmu pengetahuan lainnya. Tidak ada bidang ilmu pengeathuan alam yang tidak bergantung pada ilmu kimia. Perkembangan bidang kedokteran, farmasi, geologi, pertanian, dan sebagainya, semuanya akan jalan di tempat tanpa kemajuan yang dicapai dalam ilmu kimia. Begitu juga dalam ilmu pendidikan, kimia berperan central. Dalam pelajaran biologi, geologi, dan fisika, kita akan menemukan topik yang menyangkut ilmu kimia. Sehubungan dengan itu, pengetahuan kimia diperlukan dalam berbagai profesi, seperti dalam industri sebagai pengendali mutu, peneliti lingkungan untuk memcahkan permasalahan pencemaran, analisi di laboratorium kesehatan, analisis dalam kepolisian untuk memecahkan berbagai kasus, dan tidak kalah pentingnya, sebagai guru atau dosen kimia.

Selain berguna bagi ilmu lain, sebaliknya ilmu kimia juga memerlukan ilmu lain seperti matematika, fisika, dan biologi. Batas antara kimia dan fisika sangat tipis. Kita akan menemukan berbagai topik yang dibahas di dalam kimia juga dalam fisika.

Siapa Saja yang Perlu Melek Kimia?
Dewasa ini, kehidupan kita sehari-hari semakin dibanjiri dengan bahan kimia, jadi, bukan hanya orang yang bekerja di laboratorium kimia saja yang berhadapan dengan bahan kimia, tetapi semuanya, termasuk anak-anak dan ibu rumah tangga. Bahan kimia itu sendiri sebenarnya tidak perlu ditakuti, tetapi haruslah ditangani secara tepat. Oleh karena itu, semua orang hendaknya melek kimia. Dengan memahami sifat-sifat bahan kimia berbahaya, kita dapat terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.