Gunung Gede

Buon Natale e anno nuovo 2013

Vrolijke Kerstmis en nieuwe jaar 2013

Judul Slide

Frohe Weihnachten und neues Jahr 2013

Memuat...

Senin, 30 Januari 2012

Home » » Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba membawa berbagai macam masalah, mulai dari masalah pribadi, keluarga, masyarakat, dan negara.

A. Masalah Pribadi
Masalah yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba pada pribadi pengguna dapat berupa masalah fisik, psikologis, dan hukum


Masalah fisik
Sebagaimana telah diketahui, narkoba merusak fungsi organ-organ tubuh pemakainya. Masing-masing jenis narkoba mempunyai efek yang berbeda. Namun, secara umum, semua jenis zat aditif merusak tubuh pemakainya.


Masalah Hukum
Kasus yang terkait narkoba, mulai dari pemakai, pengedar, produsen, dan siapa saja yang berperan pada peredaran narkoba diancam hukuman yang sangat berat. Banyak negara yang menerapkan hukuman mati bagi pengedar narkoba (termasuk Indonesia).

Masalah Psikologis/ Kecerdasan
Narkoba menurunkan kecerdasan, karena zat-zat tersebut mengakibatkan kerusakan pada otak dan sistem syaraf. Meskipun dapat disembuhkan, seorang pecandu akan kehilangan sebagian dari kemampuan intelektualnya.

B. Masalah Keluarga
Narkoba membawa masalah serius bagi keluarga. Suatu keluarga yang salah satu anggotanya menjadi pecandu, akan menghadapi berbagai masalah, baik masalah ekonomi, psikologi, maupun sosial. Pecandu memerlukan banyak uang. Tidak mustahil dia menjual apa saja milik keluarganya untuk mendapatkan narkoba. Keluarga menjadi terganggu dan malu terhadap lingkungan. Meskipun bersimpati, namun tidak banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Masyarakat cenderung akan menjauhi, takut tertular narkoba.

C. Masalah Masyarakat
Narkoba banyak menimbulkan masalah sosial antara pemakai dengan masyarakat di sekitarnya, karena efek fisik maupun psikologis yang ditimbulkan. Sebagai contoh, seorang pemakai dapat menggunakan segala macam cara untuk memperoleh obat tersebut, termasuk mencuri jika ia tidak sedang mempunyai uang untuk membeli, karena ketagihan narkoba. Minuman beralkohol juga menimbulkan masalah sosial, karena peminum bisa melakukan tindakan nekat di saat sedang mabuk. Tentu tindakan ini dapat merugikan orang lain dan meresahkan masyarakat.

D. Masalah Negara
Negara sangat dirugikan oleh narkoba, bukan saja secara ekonomi, tetapi juga kehilangan generasi penerus bangsa. Anak-anak muda yang diharapkan menjadi pembangun, malah menjadi beban dan merusak kemajuan bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung pornografi.
Anda bisa berkomentar dengan menggunakan pilihan: Nama/URL. Kolom URL bisa dikosongkan.